RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/2
Materi Pokok : Kisah Teladan Lukman
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam
Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1.
|
4.14 Menceritakan kisah
keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
4.14.1. menceritakan kisah keteladanan
lukman
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
Tanya Jawab, latihan dan diskusi Peserta didik dapat:
Menceritakan
kisah keteladanan Luqmān sebagaimana terdapat dalam al-qur’an
D. Materi Pembelajaran
Nasihat Luqmān
Kepada Anaknya.
1.
Jangan musyrik
atau menyekutukan Allah.
Apa arti
mempersekutukan Allah?
Mempersekutukan
artinya menyerupakan sesuatu dengan Allah Swt. Misalnya menjadikan matahari
sebagai Tuhan lalu disembah. Membuat batu atau patung sebagai Tuhan lalu
disembah. Menjadikan kayu besar sebagai Tuhan lalu dipuja-puja dan disembah
2.
Jangan angkuh
dan sombong
Ciri-ciri
sikap angkuh dan sombong menurut Q.S. Luqmān/31: 18 di atas adalah:
1. memalingkan
mukamu dari manusia (karena sombong),
2. berjalan di
muka bumi dengan angkuh, dan
3. membanggakan
diri sendiri.
3.
Hendaklah
berbuat kebajikan
Amati
gambar berikut ini !

E. Metode Pembelajaran
1. Model :
Pembelajaran kooperatif Learning
2. Metode : Tanya Jawab, Latihan, Diskusi
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media:
Multimedia interaktif, Gambar/poster
2. Alat:
laptop, layar kertas karton
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah
pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program
pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan
dengan materi nasihat lukman kepada anaknya
e.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan
mencermati, menirukan, dan menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya secara
berulang-ulang dengan benar.
g.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika memungkinkan melalui
tayangan
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1. Menyimak tayangan interaktif nasihat
lukman kepada
anaknya
2. Memperhatikan gambar seorang ayah
menasihati kepada anaknya
3. Mencermati gambar seorang ayah
menasihati anaknya
b.
Menanya
Menanyakan tentang tayangan, gambar seorang ayah ymenasihati anaknya
c. Mengeksperimen/Mengeksplorasi
1.
Guru menyebutkan nasihat-nasihat lukman
kepada anaknya berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal
menirukannya secara berulang.
2.
Secara acak guru menunjuk peserta didik
menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya.
3.
Guru memberikan penguatan tentang nasihat
lukman kepada anaknya.
4.
Guru membagi peserta didik ke dalam
beberapa kelompok.Tiap kelompok\mendiskusikan
gambar seorang ayah menasihati anaknya secara berpasangan saling
mendemonstrasikan.
5.
Guru menunjuk perwakilan dari setiap
pasangan maupun kelompok untuk menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
d. Mengasosiasi
1.
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang nasihat lukman kepada anaknya
2.
Mengidentifikasi nasihat lukman kepada anaknya
e. Mengkomunikasikan
1. Menyampaikan
hasil diskusi tentang nasihat lukman kepada anaknya secara kelompok
2. Menanggapi
hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru
b.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
20 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual
(observasi)
a.
Jenis Penilaian :
Non Tes
b.
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
c.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua kepada
anaknya
|
Terlampir
|
|
2
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap sosial
(observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Tes Lisan
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua
kepada anaknya
|
Bagaimana sikap kita terhadap nasihat orang
tua!
|
|
2.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada
anaknya
|
Sebutkan nasihat lukman kepada anaknya !
|
Instrumen:
Terlampir
4. Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : produk
c.
Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian produk
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Menyebutkan
nasihat lukman kepada anaknya
|
Sebutkan
nasihat lukman kepada anaknya !
|
Instrumen:
Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang sikap
yang berkaitan dengan nasihat lukman
Instrumen: Terlampir
6. Portofolio
·
Membuat paparan tentang sikap yang berkaitan
dengan nasihat lukman
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
M. Rifa’i
V / Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
|
1
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua
kepada anaknya
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada
anaknya
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
M. Rifa’i
V/ Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
1.Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
2.Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
3.Membuat rekap penilaian untuk
tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / Genap
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.14 Menceritakan kisah
keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.14.1. menceritakan kisah keteladanan
lukman
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Lisan
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua kepada
anaknya
|
|
Bagaimana sikap kita terhadap nasihat orang
tua!
|
|||||||||||
|
2.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
Sebutkan nasihat lukman kepada anaknya !
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua
kepada anaknya
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada
anaknya
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya dengan lancar.
2. Lancar
: Apabila peserta didik dapat
menyebutkan nasihat lukman kepada
anaknya dengan lancar, akan tetapi kurang lancar
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya kurang lancar.
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat
menyebutkan nasihat lukman
|
||||||||||||||
Lampiran 4 :
Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / Genap
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.14.1. menceritakan kisah keteladanan
lukman
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Produk
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
Sebutkan nasihat lukman kepada anaknya !
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1.
Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas dengan benar
2.
Lancar
: Apabila peserta didik dapat
mendemonstrasikan sifat ikhlas
dengan
lancar, akan tetapi kurang lancar
3.
Sedang
: Apabila peserta didik dapat
mendemonstrasikan sifat ikhlas
dengan lancar, akan
tetapi masih ada kesalahan
4.
Kurang lancar
: Apabila peserta didik dapat
mendemonstrasikan sifat ikhlas
dengan
kurang lancar.
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas
|
||||||||||||||
Lampiran 5 :
Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
|
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
1.
|
Aku biasa
menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
|
|
2.
|
Sebelum berdo’a,
saya menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu,
menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
Lampiran 6 :
Instrumen Penilaian Portofolio
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / Genap
|
||||||||
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.14.1.
menceritakan kisah keteladanan lukman
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||
|
1.
|
Keyakinan kita akan nasihat orang tua kepada
anaknya
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.
|
Menyebutkan nasihat lukman kepada anaknya
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat menyebutkan nasihat lukman kepada
anaknya dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya
dengan lancar, akan tetapi kurang lancar
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya
dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menyebutkan
nasihat lukman kepada
anaknya kurang lancar.
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat menyebutkan nasihat lukman
kepada
anaknya
|
|||||||||||
|
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
|
|||||||||||
Komentar
Posting Komentar