RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/2
Materi
Pokok : Surah Al-Ma’un (Membaca)
Alokasi
Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1.
|
1.1.
Terbiasa membaca Alquran dengan tartil.
|
|
|
2.
|
2.3.
Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman QS AlMaun.
|
|
|
3.
|
4.1. Membaca QS AlMaun dengan baik dan benar
.
|
4.1.1.
Melafalkan bacaan QS al Maun dari ayat
1 sampai dengan ayat 7..
4.1.2.
Mendemonstrasikan bacaan QS al Maun dari ayat 1 sampai dengan ayat 7.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui latihan dan demonstrasi, peserta didik
dapat :
1.
Melafalkan QS al Maun dengan baik dan benar.
2.
Mendemonstrasikan QS al Maun dengan baik dan
benar.
D.Materi Pembelajaran
a.
Surat Al Ma’un dan artinya
بسم الله الرحمن الرحيم
ارءيت
الذي يكذب بالدين ( 1 ) فدلك الذي يدع اليتيم (
) ولا يخض على طعام المسكين (
) فويل للمصلين ( ) الذين هم عن صلا تهم ساهون ( ) الذين هم يرأءون ( )
ويمنعون الماعون
E.Metode Pembelajaran
1. Metode :
1. Demonstrasi
2. Dril ( latihan )
F.Media ,
Alat dan Sumber Pembelajaran :
1. Media :
2. Alat / bahan
: Tulisan QS al Maun.
3. Sumber Belajar : Buku PAI dan Budi Pekerti PAI
Kls V SD
Al Qur’an dan terjemahnya.
Poster tulisan .
G.Langkah
– langkah Pembelajaran :
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan
berdo’a bersama dipimpin
oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khusyu’;
b.
Guru
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan
lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa
kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Guru
menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
a.
Guru
mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pokok Belajar Surat Al
Ma’un
b.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
c.
Guru
menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, ,menanya,
eksplorasi dan mengomunikasikan serta menyimpulkan.
d.
Mempersiapkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan dipapan tulis dan mudah
dilihat/ white board/kertas karton yg berupa tulisan surat Al Ma’un.
|
20
menit
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar yang tertera pada permulaan Sub-sub Bab
I,kemudian peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
·
Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan
peserta didik tentang isi gambar tersebut.
·
Pada pembelajaran membaca Surat Al Ma’un ,guru memberikan contoh bacaan
Surat Al Ma’un dengan benar sesuai dengan makhraj dan ilmu tajwijnya.
·
Peserta didik secara individual maupun klasikal di minta untuk
mencermati bacaan surat Al Mau’un ayat demi ayat.
·
Peserta didik baik secara individual maupun klasikal di minta
mencermati bacaan yang disampaikan oleh guru dengan suara jelas ayat demi
ayat.
b.
Peserta Menanya
· Guru
membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok
mempersiapkan pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran surat AlMa’un.
· Setiap kelompok mengajukan pertanyaan-pertanyaan
yang telah disiapkan kepada kelompok lain. Kelompok lain menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepadannya.
· Guru memberikan penguatan dengan kembali
memberikan contoh bacaan surat AlMa’un dengan benar.
c.
Mengeksperimen/mengexplorasi
Membaca
Surat AlMa’un
· Pada
pembelajaran membaca surat AlMa’un,guru memberikan contoh bacaan yang
benar.
· Guru
melafalkan secara berulang huruf-huruf yang dianggap sulit dan peserta
didik diminta untuk menirukan pelafalan tersebut secara
bersama.Selanjutnya,ditunjuk beberapa peserta didik untuk melafalkannya
dengan benar.
d.
Asosiasi
· Secara individu maupun kelompok peserta didik
diminta untuk mendemonstrasikan bacaan surat AlMa’un. Ayat 1 s.d. ayat 7.
· Selanjutnya peserta didik diminta untuk menirukan
bacaan surat Al Ma’un secara bersama-sama.
· Selanjutnya ,peserta didikbaik secara individu
maupun kelompok mengidentifikasikan bacaan surat alMa’un ayat 1 s.d. ayat 7.
e.
Komunikasi
· Peserta didik menyampaikan hasil diskusi tantang
bacaan surat alMa’un secara kelompok.
· Peserta didik menanggapi hasil diskusi kelompok
lain (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah).
· Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing guru.
|
110
menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
10
menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual
(observasi)
a.
Jenis Penilaian :
Non Tes
b.
Teknik Penilaian :
Penilaian diri
c.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Terbiasa mebaca al-Qur’an dengan tartil.
|
Terlampir
|
|
2
|
Menyakini al-Qur’an sebagai kitab suci
terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap sosial
(observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Tes Lisan
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
d. Kisi-kisi :
Tes lisan
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Membacakan QS al maun
|
Bacakan surat almaun ayat 2 dan 3 dengan
baik dan benar
|
Instrumen:
Terlampir
4. Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendemonstrasikan
QS al maun ayat 1 s/d ayat 5
|
Lafalkan
surt al maun dengan baik dan benar.
|
Instrumen:
Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang QS al maun dengan baik dan benar.
Instrumen: Terlampir
6. Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam
membaca QS al maun
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
V / II
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
|
1
|
Setap membaca AlQuran hendaklah dengan
tartil supaya bacaan dan makhrojnya benar.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Yakin bahwa Surat al Maun adalah bagian dari
AlQuran.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3.
|
Sangatberuntung bagi orang yang menghafal
alquran
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4.
|
Tidak perlu saling membantu dan menolong.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
V / II
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 :
Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.1. Membaca QS AlMaun dengan baik dan benar
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.1.1.
Melafalkan bacaan QS al Maun dari ayat
1 sampai dengan ayat 7..
4.1.2.
Mendemonstrasikan bacaan QS al Maun dari ayat 1 sampai dengan ayat 7.
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Lisan
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Melafalkan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|
Lafalkan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|||||||||||
|
2.
|
Membacakan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|
Bacakan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Melafalkan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Membacakan QS al Maun dengan baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
a. Sangat lancar: Apabila peserta didik dapat melafalkan
Al-Khaliq dan maknanya
dengan lancar.
b. Lancar :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan lancar, akan
tetapi kurang fasih.
c. Sedang :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan lancar, akan
tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya
d. Kurang lancar: Apabila peserta didik dapat melafalkan
Al-Khaliq dan maknanya
dengan kurang lancar
Maknanya
|
||||||||||||||
Lampiran 4 :
Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.1. membaca QS Almaun dan Attin dengan tartil
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.1.1. Melafalkan
QS al Maun dari ayat 1 s.d. 7
4.1.2.
mendemonstrasikan QS al Maun dari ayat 1 s.d.7.
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Mendemonstrasikan bacaan QS al Maun dengan
baik dan benar.
|
|
Bacaankan QS al Maun dengan benar !
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Mendemonstrasikan bacaan QS al Maun
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1.
Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan
lancar.
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
Al-Khaliq dan maknanya
dengan
lancar, akan tetapi kurang fasih.
3. Sedang :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan
lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya
4. Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan kurang
lancar.
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Al-Khaliq dan
maknanya
|
||||||||||||||
Lampiran 5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
|
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
1.
|
Aku biasa membaca alQuran dengan tartil
|
|
|
|
2.
|
Sebelum berdo’a terbiasa
membaca Al-Qur’an dengan tartil
|
|
|
|
3.
|
dst…..
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu,
lafalkan kata Al-Khaliq dan
maknanya
Lampiran 6 :
Instrumen Penilaian Portofolio
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / II
|
||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.1. membaca QS Almaun dan Attin dengan tartil
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.1.1. Melafalkan
QS al Maun
4.1.2.
mendemonstrasikan bacaan QS al Maun S
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||
|
1.
|
Membacakan
QS al Maun dari ayat 1 s.d. 7.
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.
|
Dst ....
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan
lancar.
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq
dan maknanya
dengan
lancar, akan tetapi kurang fasih.
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan
Al-Khaliq dan maknanya
dengan
lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya
4. Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat melafalkan Al-Khaliq dan maknanya
dengan
kurang lancar.
5. Tidak lancar :
Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Al-Khaliq dan
maknanya
|
|||||||||||
|
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
|
|||||||||||
|
Mengetahui,
Kepala
SD Sukamaju Baru 1
\
|
......................,
..............................................
Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
|
Komentar
Posting Komentar