RPP KELAS 5 IKHLAS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN SUKAMAJU BARU 1
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :  V/2
Materi Pokok                      : ikhlas
Alokasi Waktu                    : 1 x 4 Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.8.1. Mencontohkan dua sikap ikhlas dalam kehidupan
4.8.2. Menunjukkan dua contoh gambar yang berhubungan dengan sikap ikhlas

C.    Tujuan Pembelajaran

      Melalui Tanya Jawab, latihan dan diskusi Peserta didik dapat:
1. Mencontohkan dua sikap ikhlas dalam kehidupan
2. Menunjukkan dua contoh gambar yang berhubungan dengan sikap ikhlas
3. Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Bayyinah/98:5

D. Materi Pembelajaran

1.      Apakah Ikhlas Itu?
Ikhlas maknanya bersih. Bersih dari kotoran. Ikhlas adalah per-buatan hati, karena ikhlas itu ada di dalam hati. Misalnya kalau dikatakan “ikhlas bersedekah” artinya memberikan dengan hati bersih. Contoh lain, “Pak Ahmad membantu dengan ikhlas”, artinya pak Ahmad membantu dengan hati bersih tanpa mengharapkan sesuatu balasan atau imbalan.
Kata “ikhlas” sering juga dihubung-kan dengan kalimat “karena Allah”. Misalnya, “Pak Ahmad membantu dengan hati bersih tanpa mengharapkan sesuatu balasan atau imbalan.

1.      Ikhlas beramal karena Allah.







Beramal yaitu melakukan perbuatan baik. Semua perbuatan baik yang dilakukan dengan ikhlas menurut ajaran Islam akan mendapat pahala.
Perhatikan dan bacalah firman Allah Swt. Q.S. al-Bayyinah/98: 5 berikut ini.

Yang artinya , adalah :
“Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati- Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus” (Lurus, berarti jauh dari syirik dan jauh dari kesesatan ) “

E. Metode Pembelajaran
1. Model   : Pembelajaran kooperatif Learning
2. Metode : Tanya Jawab, Latihan, Diskusi
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
    Multimedia interaktif, Gambar/poster
2. Alat:
     laptop, layar kertas karton
3. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Ikhlas
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati, menirukan, dan menyebutkan sifat ikhlas beserta artinya secara berulang-ulang dengan benar.
g.    Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar, jika memungkinkan melalui tayangan

20 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
    1. Menyimak tayangan interaktif sikap ikhlas
    2. Memperhatikan gambar dua bukti sikap ikhlas
    3. Mencermati Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya
b. Menanya
Menanyakan tentang tayangan, gambar sikap ikhlas, dan





pelafalan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 serta maknanya
c. Mengeksperimen/Mengeksplorasi
1.    Guru menyebutkan lafal Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya secara berurutan dan berulang. Peserta didik secara individual maupun klasikal menirukannya secara berulang.
2.    Secara acak guru menunjuk peserta didik menyebutkan lafal  Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya.
3.    Guru memberikan penguatan penyebutan lafal Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya secara lengkap.
4.    Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.Tiap kelompok\mendiskusikan gambar bukti sikap ikhlas, perbedaan sikap ikhlas dengan riya, dan secara berpasangan saling mendemonstrasikan kata ikhlas dan pengertiannya.
5.    Guru menunjuk perwakilan dari setiap pasangan maupun kelompok untuk menyebutkan lafal Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya, sementara pasangan atau kelompok lain mencermati dan memberikan penguatan.
d. Mengasosiasi
1.    Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang sikap ikhlas yang berkaitan Q.S Al-Bayyinah ayat 5
2.    Mengidentifikasi  sikap ikhlas
e. Mengkomunikasikan
1.    Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap ikhlas secara kelompok
2.    Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)

100 menit
3.
Penutup
a.    Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.    Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

H. Penilaian
     1. Sikap spiritual (observasi)
a.         Jenis Penilaian                  : Non Tes
b.         Teknik Penilaian               : Penilaian diri
c.         Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
d.        Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Keyakinan kita akan bersikap ikhlas karena allah swt
Terlampir
2
Mengucapkan ayat Q. S. Al-Bayyianah ayat 5 sebagai respon atas semua sikap ikhlas terhadap allah swt
Terlampir
Instrumen: Terlampir

      2. Sikap sosial (observasi)
a.    Jenis Penilaian        : Non Tes
b.      Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
c.      Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.     Kisi-kisi:


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir

         3. Pengetahuan
                            a.     Jenis Penilaian      : Tes
                           b.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                           d.     Kisi-kisi                :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menyebutkan arti Ikhlas
Sebutkan arti Ikhlas!
2.
Mengungkapkan 2 sikap ikhlas yang berkaitan dengan Q. S Al-Bayyinah ayat 5

Ungkapkan dua sikap ikhlas yang berkaitan dengan Q. S. Al-bayyinah ayat 5!
3.
Menjelaskan satu perbedaan antara ikhlas dengan riya

Jelaskan satu perbedaan antara ikhlas dengan riya!
Instrumen: Terlampir

      4. Keterampilan

a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : produk
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian produk
d.   Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Menunjukkan sikap ikhlas yang berkaitan denga Q.S Al-Bayyinaha ayat 5
Sebutkan dua sikap ikhlas yang berkaitan dengan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 !
Instrumen: Terlampir

      5. Tugas

·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang sikap yang  berkaitan dengan Q.S. Al- Bayyinah ayat 5
     Instrumen: Terlampir

      6. Portofolio
·      Membuat paparan tentang sikap yang berkaitan dengan Q. S. Al-Bayyinah ayat 5



LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
M. Rifa’i
V / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Ikhlas melaksanakan tugas beribadah karena allah






2
Ikhlas melaksanakan tugas ber amal karena allah






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................


















Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
M. Rifa’i
V/ Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:

  1. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
  2. Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
  3. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik




NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).















Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:

V / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
Indikator
:

4.8.1. Mencontohkan dua sikap ikhlas dalam kehidupan
4.8.2. Menunjukkan dua contoh gambar yang berhubungan dengan sikap ikhlas
Teknik Penilaian
:

Lisan
Penilai
:

Guru

No.
Indikator

Instrumen
1.
Menunjukkan dua sikap ikhkas karena allah

Tunjukkalah dua sikap ikhlas karena allah!
2.
Menjelaskan satu perbedaan antara ikhkas dengan riya

Jelaskan satu perbedaan antara ikhlas dengan riya !




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Menunjukkan dua sikap ikhlas karena allah






2.
Menjelaskan satu perbedaan antara ikhlas dengan riya






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                          
Skor maksimal


Catatan kriteria:
a.    Sangat lancer :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
                         dan maknanya  dengan lancar.
b.    Lancar          :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan
                         maknanya dengan lancar, akan tetapi kurang fasih.
c.    Sedang         :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan
                         maknanyadengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam
                         maknanya
d.   Kurang lancar:  Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5 dan
                         maknanyadengan kurang lancar
e.    Tidak lancar :   Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
                         dan  maknanya


















Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:

V / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
Indikator
:

4.8.1. Mencontohkan dua sikap ikhlas dalam kehidupan
4.8.2. Menunjukkan dua contoh gambar yang berhubungan dengan sikap ikhlas
Teknik Penilaian
:

Produk
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Mendemonstrasikan sikap ikhlas antar teman

Praktekkan sikap ikhlas dengan benar !




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mendemonstrasikan sikap ikhlas antar teman






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
2.     Sangat lancar         : Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas dengan benar
3.     Lancar                   :  Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas
                                      dengan lancar, akan tetapi kurang lancar
4.     Sedang                  :  Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas
                                 dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
5.     Kurang lancar       :  Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas
                                      dengan kurang lancar.
5. Tidak lancar           :  Apabila peserta didik tidak dapat mendemonstrasikan sifat ikhlas

















Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas

Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum

No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku biasa melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya


2.
Sebelum berdo’a, saya melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5


3.
dst…..






Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu, lafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan
                             maknanya



Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

V / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
Indikator
:

4.8.1. Mencontohkan dua sikap ikhlas dalam kehidupan
4.8.2. Menunjukkan dua contoh gambar yang berhubungan dengan sikap ikhlas
Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya dengan benar






2.
Dst ....






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar           :  Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan  maknanyadengan lancar.
2. Lancar                   :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya dengan lancar, akan tetapi kurang lancar
3. Sedang                  :   Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan dalam maknanya
4. Kurang lancar        :  Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya dengan kurang lancar.
5. Tidak lancar           :  Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Q.S.Al-Bayyinah ayat 5 dan maknanya
Catatan Orang tua:
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................

Catatan Guru
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN