contoh RPP kelas 4 Semester 2 kurikulum13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Iman Kepada Malaikat
Alokasi
Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.
Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1.
|
1.5 Meyakini
keberadaan malaikat
malaikat Allah SWT
|
|
|
2.
|
2.4 Memliki sikap yangdipengaruhi
oleh
keimanan kepada para
malaikat
Allah swt yang tercermin
dari
perilaku kehidupan sehari-hari
|
|
|
3.
|
3.2 Mengerti makna
iman kepada
malaikat –malaikat Allah
Berdasarkan
pengamatan
terhadap
dirinya dan alam sekitar
|
3.2.1 Menyebutkan
makna iman
Kepada malaikat-malaikat
Allah SWT
3.2.2 Menyebutkan
arti malaikat
3.2.3 Menyebutkan
nama malikat
3.2.4 Mengungkapkan tugas malaika
tugas malaikat
|
|
4.
|
4.2 Melakukan
pengamatan diri dan
Alam sekitar
sebagaiimplementasi
iman kepada
malaikat-malaikat
Allah SWT
|
4.2.1 Melafalkan tugas malaikat
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
a.
Makna beriman kepada Malaikat
adalah mayakini bahwa malaikat itu ada meskipun tidak bisa dilihat.
b.
Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan
engan nur nya Allah
E.
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi iman kepada malaikat Allah
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui makna iman kepada malaikat Allah
f.
Menyebutkan
arti malaikat
g.
Menyebutkan tugas-tugas malaikat
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
· Menyimak penjelasan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah secara
klasikal atau individual
· Mengamati gambar diri dan
alam sekitar baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
· Mengajukan pertanyaan, apakah
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
· Mengajukan pertanyaan,tugas-tugas malaikat
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahbaik
secara klasikal maupun kelompok.
·
Setiap kelompok diberi 10
kartu,yang berisikan 5 nama malaikat dan lima tugas siswa malaikat
·
Setiap siswa di beri satu kartu
yang berbeda
·
Setiap siswa dapat mencocokkan
kartunya sebelu batas waktu
· Mengidentifikasi tentang
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
Mengasosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah
· Menghubungkan kegiatan
tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah dengan kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi
tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allahsecara individual atau
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum mengenal nama-nama malaikat dengan baik;
c.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
F.
Penilaian Hasil
Belajar
1.
Sikap
spiritual (observasi)
a. Teknik Penilaian :
Penilaian diri
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian diri
c. Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Yakin adanya malaikat
|
Terlampir
|
|
|
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2.
Sikap
sosial
(observasi)
a. Teknik Penilaian :
Penilaian Antar Teman
b. Bentuk Instrumen :
Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3.
Pengetahuan
(Tes)
a. Teknik Penilaian : Tes Lisan
b. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian tes lisan
c. Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Menyebutkan
|
Sebutkan huruf
hijaiyyah dengan baik dan benar
|
|
2.
|
Menunjukkan huruf hijaiyah
|
Tunjukkan huruf
hijaiyyah dengan baik dan benar
|
|
3.
|
Menunjukkan huruf hijaiyah berharakat
|
Tunjukkan huruf
hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar
|
Instrumen:
Terlampir
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Kinerja
b.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
c.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Melafalkan nama daan tugas malaikat
|
Lafalkan 3
nama dan tugas malaikat
|
5.
Tugas
·
Mengisi rubrik nama dan tugas malaikat
Instrumen: Terlampir
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
VI / Ganjil
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
|
1
|
Beriman kepada malaikat mendorong aku berbuat baik
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Aku yakin bahwa malaikat itu ada meskipun tidak terlihat
oleh manusia
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I / Ganjil
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
a. Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap
peserta didik
|
|||||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya (apabila peserta
didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
I V/ Ganjil
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
3.2 Mengerti makna
iman kepada
malaikat
–malaikat Allah
Berdasarkan
pengamatan
terhadap
dirinya dan alam sekitar
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
3.2.1
Menyebutkan makna iman
Kepada malaikat-malaikat
Allah SWT
3.2.2
Menyebutkan arti malaikat
3.2.3
Menyebutkan nama malikat
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Lisan.
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah
|
|
Sebutkan makna iman kepada malaikat
|
|||||||||||
|
2.
|
Menyebutkan
arti malaikat
|
|
Apa yang dimaksud dengan malaikat
|
|||||||||||
|
3.
|
Menyebutkan nama malaikat
|
|
Sebutkan3 nama malaikat yang wajib
kita imani dan imani
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan nama-nama malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Menyebutkan arti malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Menyebutkan nama malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan
kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
huruf hijaiyah dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
kurang dari 2.
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf
hijaiyah dengan kurang lancar.
5.
Tidak lancar : Apabila pesertadidik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyah
|
||||||||||||||
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
I V/ II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.2 Melakukan
pengamatan diri dan
Alam sekitar
sebagaiimplementasi
iman kepada
malaikat-malaikat
Allah SWT
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.2.1 Melafalkan nama dan tugas malaikat
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Melafalkan nama dan
tugas malaikat
|
|
Sebutkan 3 nama nabi dan tugasnya
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Melafalkan nama dan
tugas malaikat
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan
kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
nama dan dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
nama dan tugasmalaikat dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang
dari 2.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat melafalkan nama dan tugas malaikat dengan lancar, akan
tetapi masih ada kesalahan kurang dari5
4.
Kurang lancar : Apabila
peserta didik dapat melafalkan nama dan tugas malaikat dengan kurang lancar.
5.
Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan nama dan tugas malaikat
|
||||||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala SD.....
...............................................
NIP. ......................................
|
......................,
......................................
Guru Mata Pelajaran PAI dan
Budi Pekerti
.................................................
NIP. ........................................
|
Komentar
Posting Komentar