contoh RPP kelas 4 Semester 2 kurikulum13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran         :    Iman Kepada Malaikat
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran
                                                 

A.      Kompetensi Inti
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.5   Meyakini keberadaan malaikat
         malaikat Allah SWT


2.
 2.4   Memliki sikap yangdipengaruhi
          oleh keimanan kepada para 
          malaikat Allah swt yang tercermin
          dari perilaku kehidupan sehari-hari


3.
3.2    Mengerti makna iman kepada
         malaikat –malaikat Allah
         Berdasarkan pengamatan
         terhadap dirinya dan alam sekitar

3.2.1  Menyebutkan makna iman
          Kepada malaikat-malaikat
          Allah SWT
3.2.2  Menyebutkan arti malaikat
3.2.3  Menyebutkan nama malikat
3.2.4 Mengungkapkan tugas malaika
          tugas malaikat

4.
4.2    Melakukan pengamatan diri dan
         Alam sekitar sebagaiimplementasi
        iman kepada malaikat-malaikat
          Allah SWT

4.2.1 Melafalkan tugas malaikat

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
    
a.    Makna beriman kepada Malaikat  adalah mayakini bahwa malaikat itu ada meskipun tidak bisa dilihat.
b.    Malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan engan nur nya Allah


E.       Kegiatan Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi iman kepada malaikat Allah
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui makna iman kepada malaikat Allah
f.      Menyebutkan arti malaikat
g.     Menyebutkan tugas-tugas malaikat


20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Menyimak penjelasan  tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah secara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Mengajukan pertanyaan, apakah makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Mengajukan pertanyaan,tugas-tugas malaikat

Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahbaik secara klasikal maupun kelompok.
·      Setiap kelompok diberi 10 kartu,yang berisikan 5 nama malaikat dan lima tugas siswa malaikat
·      Setiap siswa di beri satu kartu yang berbeda
·      Setiap siswa dapat mencocokkan kartunya sebelu batas waktu
·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan kehidupan sehari-hari

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahsecara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

  100 menit
3.
Penutup
a.  Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum mengenal nama-nama malaikat dengan baik;
c.  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

F.       Penilaian Hasil Belajar
1.    Sikap spiritual (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian               : Penilaian diri
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian diri
                            c.     Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Yakin adanya malaikat
Terlampir
  1.  

Terlampir
Instrumen: Terlampir

2.    Sikap sosial (observasi)
                            a.     Teknik Penilaian   : Penilaian Antar Teman
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                            c.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir

3.    Pengetahuan (Tes)
                            a.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                           b.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                            c.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menyebutkan
Sebutkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar
2.
Menunjukkan huruf hijaiyah
Tunjukkan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar
3.
Menunjukkan huruf hijaiyah berharakat
Tunjukkan huruf hijaiyyah dan harakatnya dengan baik dan benar

Instrumen: Terlampir


4.    Keterampilan
a.             Teknik Penilaian          : Kinerja
b.            Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian kinerja
c.             Kisi-kisi                       :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Melafalkan nama daan tugas malaikat
Lafalkan 3 nama dan tugas malaikat


5.    Tugas
·      Mengisi rubrik nama dan tugas malaikat
     Instrumen: Terlampir


LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
VI / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Beriman kepada malaikat mendorong aku berbuat baik






2
Aku yakin bahwa malaikat itu ada meskipun tidak terlihat oleh manusia






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................
















Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I / Ganjil
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.     Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).




















Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)

Kelas / Semester
:

I V/ Ganjil
Kompetensi Dasar
:

3.2  Mengerti makna iman kepada
         malaikat –malaikat Allah
         Berdasarkan pengamatan
         terhadap dirinya dan alam sekitar
Indikator
:

3.2.1  Menyebutkan makna iman
          Kepada malaikat-malaikat
          Allah SWT
3.2.2  Menyebutkan arti malaikat
3.2.3  Menyebutkan nama malikat

Teknik Penilaian
:

Lisan.
Penilai
:

Guru

No.
Indikator

Instrumen
1.
Menyebutkan makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

Sebutkan makna iman kepada malaikat
2.
Menyebutkan arti malaikat

Apa yang dimaksud dengan malaikat
3.
Menyebutkan nama malaikat

Sebutkan3 nama malaikat yang wajib kita imani dan imani




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Menyebutkan nama-nama malaikat






2.
Menyebutkan arti malaikat






3.
Menyebutkan nama malaikat






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                     
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar     :     Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar.
2.    Lancar               :   Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan  tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.    Sedang              :    Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.    Kurang lancar    :    Apabila peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah dengan kurang lancar.
5.    Tidak lancar      :    Apabila pesertadidik tidak dapat melafalkan huruf hijaiyah
















Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)

Kelas / Semester
:

I V/ II
Kompetensi Dasar
:

4.2    Melakukan pengamatan diri dan
         Alam sekitar sebagaiimplementasi
        iman kepada malaikat-malaikat
          Allah SWT


Indikator
:

4.2.1 Melafalkan nama dan tugas malaikat
Teknik Penilaian
:

kinerja
Penilai
:

Guru

No.
Indikator

Instrumen
1.
Melafalkan nama dan tugas malaikat

Sebutkan 3 nama nabi dan tugasnya




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Melafalkan nama dan tugas malaikat






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                     
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar              :    Apabila peserta didik dapat melafalkan nama dan  dengan lancar.
2.     Lancar                        :     Apabila peserta didik dapat melafalkan nama dan tugasmalaikat dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.     Sedang                       :    Apabila peserta didik dapat melafalkan nama dan tugas malaikat dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang dari5
4.     Kurang lancar             :    Apabila peserta didik dapat melafalkan nama dan tugas malaikat dengan kurang lancar.
5.     Tidak lancar               :    Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan nama dan tugas malaikat


















G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.



Mengetahui,
Kepala SD.....




...............................................
NIP. ......................................
......................, ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti




.................................................
NIP. ........................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN