LAJUTAN RPP KELAS 5 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 HAFALAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/2
Materi Pokok : Surah Al-Ma’un (Hafalan)
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1.
|
2.3. Memiliki sikap
suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman QS al Maun
|
|
|
2.
|
4.3. Menunjukkan
hafalan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
4.2.2.1
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-
Maun.
4.2.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maun.
|
C. Tujuan Pembelajaran :
1.
Melalui metode latihan, Peserta Didik mampu
menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maun dengan benar.
2.
Melalui metode Drill, PesertaDidik mampu mendemonstrasik
hafalan Q.S. Al-Maun dengan
fasih.
D. Materi
Pembelajaran : Q.S. Al Maun
a.
Surat Al Ma’un
بسم الله الرحمن
الرحيم
ارءيت
الذي يكذب بالدين ( 1 ) فدلك الذي يدع اليتيم (
) ولا يخض على طعام المسكين (
) فويل للمصلين ( ) الذين هم عن صلا تهم ساهون ( ) الذين هم يرأءون ( )
ويمنعون الماعون
E.Metode Pembelajaran
Metode latihan / Drill
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media:Tulisan Q.S. Al-Maun pada selembar karton
2. Alat:Karton
3. Sumber Pembelajaran:Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls
I SD, Kemdikbud Jakarta, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’abersama dipimpin
oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b. Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’ansurahpendek pilihan
dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang
ditentukan sebelumnya);
c. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadirandan
memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran;
d. Mengajukan pertanyaan secara komunikatifberkaitan dengan materi hafalan Q.S. Al-Maun.
e. Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
yaitupeserta didik dapat menunjukkanhafalan Q.S. Al-Maun.denganbenar.
f. Menyampaikan cakupan hafalan Q.S. Al-Maun.
g. Menyampaikantahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mencermati,
menirukan, danmenyebutkanhafalan Q.S. Al-Maun.hdengan benar.
h. Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan Q.S. Al-Fatiahdi papan tulis/whiteboard, potongan kartu/kertas karton (tulisan
yang besar dan mudah dilihat/dibacaataugambar), jika
memungkinkan melalui tayangan slide (media LCD projector).
Hal
ini dilakukan untuk mengkonkretkan antara apa yang disebutkan dan bentuk
tulisannya
|
20
menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1.Memperhatikantulisan Q.S.
Al-Maun.
2.MencermatipelafalanQ.S. Al-Maun.
b. Menanya
MenanyakantentangkelanjutantulisanQ.S. Al-Maun. yang sebagiannyamasihtersembunyi
c.
Mengeksperimen
1. Guru membagiPesertaDidikmenjadibeberapakelompok
2.PesertaDidikberlatihmenghafalQ.S. Al-Maun. Secarabergiliran
d.
Mengasosiasi
Secara individual
maupunkelompok, PesertaDidik berlatih menghafal Q.S. Al-Maun.
e.
Mengkomunikasikan
Secara bergiliran, Peserta Didik mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maun.
|
100
menit
|
|
3.
|
Penutup
a. Peserta didik menyalin tulisan Q.S. Al-Maun. dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan
atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai
bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik
cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum hafalQ.S. Al-Maun.dengan baik;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20
menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual (observasi)
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Q.S. Al-Maun.hmerupakansalahsatusurat
yang wajibdihafal
|
Terlampir
|
|
2.
|
Q.S. Al-Maun. merupakansalahsaturukun
salat
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2. Sikap
sosial (observasi)
a. Jenis
Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
3.
Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maun.
|
Demonstrasikan hafalan Q.S. Al-Maun.dengan benar
|
Instrumen: Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang hafalan Q.S. Al-Maun.
Instrumen: Terlampir
6.
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam hafalan Q.S. Al-Maun.
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
|
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
V
/ II
|
|||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
|
1
|
Q.S.
Al-Maun. merupakansalahsatusurat
yang wajibdihafal
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Q.S.
Al-Maun. merupakansalahsaturukun
salat
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat
Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak
Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
V / II
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
a.
Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang
baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar
anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab
bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif
bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK =
Membudaya (apabila peserta didik terus
menerus memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta
didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam
indikator dan mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik
sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan
dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.3. Menunjukkan
hafalan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.3.1.
Menunjukkanhafalan Q.S. Al- Maun
4.3.2.
Mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-
Maun
|
|
Tunjukkan hafalan
Q.S. Al- Maun dengan benar !
|
|||||||||||
|
2.
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-Fatihah
|
|
Demonstrasikanhafalan Q.S. Al-Fatihah
dengan benar
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-
Maun
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-
Maun
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= --
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1.
Sangat
lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan
huruf hijaiyah/harakatnya dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta
didik dapat melafalkan huruf hijaiyah /harakatnya dengan lancar, akan tetapi
masih ada kesalahan kurang dari 2.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah/harakatnya dengan lancar, akan
tetapi masih ada kesalahan kurangdari 5.
4.
Kurang
lancar : Apabila
peserta didik dapat melafalkan huruf hijaiyah/harakatnya dengan kurang
lancar.
5.
Tidak
lancar : Apabilapesertadidiktidakdapatmelafalkanhurufhijaiyah
|
||||||||||||||
Lampiran 5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu
:
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
|
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
1.
|
Aku biasa Menunjukkan
hafalan Q.S. Al- Maun
|
|
|
|
2.
|
Aku biasa Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al- Maun
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama
tujuh orang temanmu,Hafalkanlah Q.S. Al-Fatihah
Lampiran 6 :
Instrumen Penilaian Portofolio
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / lI
|
||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
4.3. Menunjukkan
hafalan QS al Maun dengan baik dan benar.
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.3.1
Menunjukkanhafalan Q.S. Al-
Maun
4.3.2 Mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||
|
1.
|
Menunjukkanhafalan Q.S. Al-
Maun
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.
|
Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Al-
Maun
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= --
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
Catatan kriteria:
1.
Sangat
lancar : Apabila peserta didik dapat mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta
didik dapat mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan kurang
dari 2.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan
kurangdari 5.
4.
Kurang
lancar : Apabila
peserta didik dapat mendemonstrasikanhafalan Q.S. Al-Fatihah dengan kurang lancar.
5.
Tidak
lancar : Apabilapesertadidiktidakdapatmendemonstrasikanhafalan Q.S. Al- Maun
|
|||||||||||
|
Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
|
|||||||||||
|
Mengetahui,
Kepala
SD Sukamaju Baru 1
|
......................,
..............................................
Guru
Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti
|
Komentar
Posting Komentar