LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 ( HEMAT I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Hemat
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
||
|
1.
|
|
4.9.1. Menyebutkan contoh sifat
hemat.
4.9.2. Menyebutkan contoh sifat
boros.
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Deskripsi Materi Pembelajaran
HEMAT
Anak-anak,
air adalah karunia Allah yang sangat berguna. Kita dapat
menggunakan
air untuk mandi, wu«u dan lain-lain. Oleh karena itu,
kita
harus hemat dan tidak boros (muba©ir) menggunakannya. Cara
menghemat
air adalah :
1.
menutup kran air sesudah menggunakannya,
2.
mengambil air secukupnya dari gayung.
Selain
air, kita juga harus menghemat uang jajan. Anak yang hemat
tidak
menghabiskan uang jajannya setiap pergi ke sekolah tetapi menabung
sebagian uangnya di tabungan..
G. Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran
sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
g.
Mengadakan pretes.
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1. Mengamati tentang perilaku hemat
b. Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang sifat hemat
c. Mengumpulkan Informasi
Mendiskusikan isi lembar kerja tentang sifat hemat secara berkelompok
d. Mengasosiasi
1. Membuat rumusan tentang perilaku hemat
2. Mengidentifikasi tentang
pemahaman sifat hemat secara berkelompok
e. Mengomunikasikan
1. Menyampaikan hasil diskusi tentang pengertian hemat secara berkelompok
2. Menanggapi hasil presentasi tiap kelompok (melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok;
d.
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
e. Menutup pelajaran dengan
berdo’a dan salam
|
20 menit
|
H. Penilaian
1.Pengetahuan
a. Jenis Penilaian :
Tes
b. Teknik Penilaian : Tes
tulis
c. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian tes tulis
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/Nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Menyebutkan contoh sifat hemat.
|
Nomor
1
|
|
2.
|
Menyebutkan contoh sifat boros.
|
Nomor
2
|
e. Instrumen Penilaian Sikap
Spiritual
|
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
IV
/ Genap
|
||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
tes tulis
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
|||||||
|
1
|
Setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari dibiasakan menabung.
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Setiap siswa dibiasakan menutup kran air setelah menggunakannya.
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
Sangat
Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak
Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- x 100 = ….
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
||||||||||
2. Sikap Sosial
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Antar Teman
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Kerjasama
|
Nomor 1
|
|
2
|
Kekompakkan
|
Nomor 2
|
|
3
|
Tanggungjawab bersama
|
Nomor 3
|
|
4
|
Inisiatif
|
Nomor 4
|
|
5
|
Disiplin
|
Nomor 5
|
e. Instrumen Penilaian Sikap
Sosial
|
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
IV
/ Genap
|
||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman
|
||||||||
|
Petunjuk:
a. Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta
didik
|
||||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
|||||||
|
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
||||
|
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- x 100 =..
Skormaksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
M = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
||||||||||
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian :
Tes
b.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes tertulis
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Menyebutkan contoh sifat hemat.
|
Nomor
1
|
|
2
|
Meyebutkan contoh sifat boros.
|
Nomor
2
|
e. Instrumen Penilaian
Pengetahuan
|
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
…………………………………
IV
/ Genap
|
|||||
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
|
|||||
|
Indikator
|
:
|
|
3.9.1. Menyebutkan contoh sifat
hemat.
3.9.2. Menyebutkan contoh sifat
boros.
|
|||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Tes
Tertulis
|
|||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||||
|
1
|
Menyebutkan contoh sifat hemat.
|
Sebutkan tiga contoh sifat hemat!
|
||||||
|
2
|
Menyebutkan contoh sifat boros
|
Sebutkan tiga contoh sifat
boros!
|
||||||
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN:
Skor Nomor 1-2x5=10
Skor Keseluruhan: 10
10
|
||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala
SD …………………….
…………………………….
NIP.
…………………………..
|
………………………,………………………….
Guru Mata Pelajaran PAI dan
Budi Pekerti
…………………………………………….
NIP………………………………….
|
Komentar
Posting Komentar