LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 ( HEMAT I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :   Hemat
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran

A. Kompetensi Inti
 
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
4.9 Mencontohkan perilaku
      hemat sebagai implementasi
      dari pemahaman surah al-Isra/17: 27
      
  
4.9.1. Menyebutkan contoh sifat hemat.
4.9.2. Menyebutkan contoh sifat boros.



C. Indikator Pencapaian Kompetensi



D. Deskripsi Materi Pembelajaran


HEMAT


Anak-anak, air adalah karunia Allah yang sangat berguna. Kita dapat
menggunakan air untuk mandi, wu«u dan lain-lain. Oleh karena itu,
kita harus hemat dan tidak boros (muba©ir) menggunakannya. Cara
menghemat air adalah :
1. menutup kran air sesudah menggunakannya,
2. mengambil air secukupnya dari gayung.
Selain air, kita juga harus menghemat uang jajan. Anak yang hemat
tidak menghabiskan uang jajannya setiap pergi ke sekolah tetapi menabung
sebagian uangnya di tabungan..

  
G. Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.      Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
g.    Mengadakan pretes.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1.    Mengamati tentang perilaku hemat
b. Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang sifat hemat
c. Mengumpulkan Informasi
Mendiskusikan isi lembar kerja tentang sifat hemat secara berkelompok
d. Mengasosiasi
1.      Membuat rumusan tentang perilaku hemat
2.    Mengidentifikasi tentang  pemahaman sifat hemat secara berkelompok
e. Mengomunikasikan
1.      Menyampaikan hasil diskusi tentang pengertian hemat secara berkelompok
2.    Menanggapi hasil presentasi tiap kelompok (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
100 menit
3.
Penutup
a.       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan
berikutnya.
e. Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam
20 menit


H. Penilaian
     1.Pengetahuan
a.       Jenis Penilaian    : Tes
b.      Teknik Penilaian : Tes tulis
c.       Bentuk Instrumen          : Lembar penilaian tes tulis
d.      Kisi-kisi  :



No.
Sikap/Nilai
Butir Instrumen
1.
Menyebutkan contoh sifat hemat.
Nomor 1
2.
Menyebutkan contoh sifat boros.
Nomor 2

e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
IV / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian tes tulis
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
1
Setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari  dibiasakan menabung.





2
Setiap siswa dibiasakan menutup kran  air setelah menggunakannya.





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- x  100 = ….
Skor maksimal                         



CATATAN: 
..............................................................................................................................................












      2. Sikap Sosial
a.     Jenis Penilaian         : Non Tes
b.      Teknik Penilaian     : Penilaian Antar Teman
c.      Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian Antar Teman
d.     Kisi-kisi:



No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Kerjasama
Nomor 1
2
Kekompakkan
Nomor 2
3
Tanggungjawab bersama
Nomor 3
4
Inisiatif
Nomor 4
5
Disiplin
Nomor 5

e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
IV / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar  teman
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.       Membuat  rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
M
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok





2
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.





3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.





4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.





5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.





JUMLAH SKOR







KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- x  100 =..
Skormaksimal


CATATAN: 
M  =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).












     3. Pengetahuan
a.       Jenis Penilaian          : Tes
b.    Teknik Penilaian       : Tes Tertulis
c.    Bentuk Instrumen     : Lembar penilaian tes tertulis
d.   Kisi-kisi                     :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Menyebutkan contoh sifat hemat.
Nomor 1
2
 Meyebutkan contoh sifat boros.
Nomor 2

e. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:

…………………………………
IV / Genap
Kompetensi Dasar
:

2.9 Memiliki perilaku sebagai implementasi dari
3.9 Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isra: 17: 27.

     
Indikator
:




3.9.1. Menyebutkan contoh sifat hemat.
3.9.2. Menyebutkan contoh sifat boros.


Teknik Penilaian
:

Tes Tertulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator
Instrumen
1
Menyebutkan contoh sifat hemat.
Sebutkan tiga contoh sifat hemat!
2
Menyebutkan contoh sifat boros
Sebutkan tiga contoh sifat boros!


RUBRIK PENILAIAN:
Skor Nomor 1-2x5=10
Skor Keseluruhan: 10
x 100 = …………
Skor Akhir                    : Skor yang diperoleh siswa
                                                         10









G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.




Mengetahui,
Kepala SD …………………….




…………………………….
NIP. …………………………..
………………………,………………………….

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti




…………………………………………….
NIP………………………………….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN