LANJUTAN RPP KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 kISAH TELADAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Kisah
Keteladanan Wali Songo
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
3.14
Mengetahui kisah
keteladanan wali Songo
|
3.14.1 Menyebutkan nama-nama wali
songo
3.14.2
Mengungkapkan falsafah
Sunan Ampel
|
|
2
|
4.14
Menceritakan kisah
keteladanan wali Songo
|
4.14.1
Menyebutkan
tiga sikap yang
harus kita
teladani dari kisah
Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
keteladanan Sunan Kudus
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Deskripsi Materi Pembelajaran
Amati
dan ceritakan gambar berikut!
Assalāmu’alaikum
Anak-anak,
apa yang kalian ketahui tentang wali Allah? Siapakah
mereka?
Apa saja keistimewaan mereka?
Wali
Allah di dunia ini jumlahnya banyak, tetapi dalam pelajaran
ini
yang akan kita pelajari hanyalah Wali Songo. Untuk mengetahui
siapa
para wali Allah itu dan apa saja yang menjadi kisah teladan dari
Wali
Songo kalian dapat menyimaknya pada pelajaran ini. Semoga
kalian bisa mengambil hikmahnya.
Nama-nama Wali Songo, yaitu:
1.
Sunan Gresik
(Maulana Malik Ibrahim)
2.
Sunan Ampel
(Raden Rahmat)
Sunan Ampel atau Raden Rahmat
dianggap sebagai sesepuh oleh para wali lainnya. Makam Sunan Ampel terletak
didekat Masjid Ampel, Surabaya. Kisah keteladanan yang menarik adalah ketika
Sunan Ampel berdakwah kepada Prabu Brawijaya. Meskipun akhirnya tidak memeluk
agama Islam, Prabu Brawijaya terkesan dengan ajaran agama Islam sebagai ajaran
budi pekerti yang mulia. Sunan Ampel mengajarkan falsafah Moh Limo (5M).
Yang dimaksud dengan Moh Limo adalah
tidak mau melakukan
lima perbuatan tercela, yaitu:
(1) main (berjudi)
(2) ngombe (mabuk-mabukan)
(3) maling (mencuri)
(4) madat (menghisap candu atau
ganja)
(5) madon (berzina)
3. Sunan Bonang (Makhdum Ibrahim)
4. Sunan Drajat
5. Sunan Kudus
Sunan Kudus adalah putra Sunan Ngudung atau
Raden Usman Haji.
Ia memiliki peran yang besar dalam pemerintahan
Kesultanan Demak. Ia menduduki posisi sebagai panglima perang, penasiha Sultan
Demak, dan hakim peradilan negara.Sunan Kudus banyak berdakwah di kalangan kaum
penguasa dan priayi Jawa. Di antara yang pernah menjadi muridnya adalah Sunan
Prawata penguasa Demak dan Arya Penangsang adipati Jipang Panolan. Salah satu
peninggalannya yang terkenal adalah Masjid Menara Kudus. Sunan Kudus wafat pada
tahun 1550.
6. Sunan Giri
7. Sunan Kalijaga (Raden Said)
8. Sunan Muria (Raden Umar Said)
9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)
G. Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi kisah keteladanan wali songo;
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
Mempersiapkan
media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar.
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1. Menyimak kisah keteladanan wali
songo secara klasikal maupun individual.
2. Mengamati gambar wali songo baik
secara klasikal atau individual
b. Menanya
1. Mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Wali
Songo.
2. Mengajukan pertanyaan tentang ajaran
falsafah Sunan Ampel.
c.
Mengeksperimen
1. Mendiskusikan kisah keteladanan Wali Songo, baik
secara klasikal maupun kelompok
2. Mendiskusikan isi gambar tentang
keteladanan Wali Songo, baik secara klasikal maupun kelompok.
d.
Mengasosiasi
1. Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Wali Songo
2. Mengidentifikasi falsafah Sunan Ampel
e. Mengomunikasikan
1. Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Wali Songo secara kelompok
2.
Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi,
menyanggah)
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemua
berikutnya.
|
20 menit
|
H. Penilaian
1. Sikap spiritual (observasi)
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian diri
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Meyakini keteladanan sikap Wali Songo
|
Terlampir
|
|
2.
|
Meyakini falsafah Sunan Ampel sebagai Norma hidup
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
2. Sikap sosial (observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
3. Pengetahuan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Tes Lisan
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes lisan
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Menyebutkan nama-nama wali songo
|
Sebutkan nama-nama Wali Songo
|
|
2.
|
Mengungkapkan falsafah Sunan Ampel
|
Ungkapkan tiga falsafah Sunan Ampel
|
|
3.
|
Menyebutkan tiga sikap yang harus kita teladani dari kisah Keteladanan wali songo
|
Sebutkan tiga sikap keteladanan wali songo
|
|
4.
|
Mencontohkan
sikap
keteladanan Sunan Kudus
|
Contohkan sikap keteladanan Sunan Kudus
|
Instrumen:
Terlampir
4. Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendiskusikan sikap keteladanan wali
songo
|
Diskudikan kisah keteladanan wali
songo
|
Instrumen:
Terlampir
5. Tugas
·
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang kisah
keteladanan wali songo
Instrumen: Terlampir
6. Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam
mendiskusikan kisah keteladanan wali songo
·
Membuat paparan tentang kegiatan dalam
mendiskusikan ajaran falsafah Sunan Ampel
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
IV / Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
|
1
|
Keteladanan Wali Songo dapat kita tiru sebagai pedoman
hidup kita
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Ajaran Falsafah Sunan Ampel sebagai Norma hidup
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat
Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak
Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang
dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
IV/ Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman
.
|
|||||||||
|
Petunjuk:
a. Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c. Membuat
rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------------- X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya (apabila peserta
didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai Berkembang (apabila
peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT = Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
IV
/ Genap
|
|||||||||||
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
3.14 Mengetahui kisah keteladanan wali songo
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
3.14.1 Menyebutkan nama-nama wali
songo
3.14.2
Mengungkapkan falsafah
Sunan Ampel
|
|||||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Lisan.
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan
nama-nama wali songo
|
|
Sebutkan nama-nama wali songo
|
|||||||||||
|
2.
|
Mengngkapkan
falsafah Sunan Ampel
|
|
Ungkapkan falsafah Sunan Ampel
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan
nama-nama wali songo
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Mengungkapkan
falsafah Sunan Ampel
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan
kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
lancar.
2. Lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
kesalahan satu dalam menyebutkan empat hal yang membatalkan
wali songo
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dua saja dengan
benar
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat menjawab
semua pertanyaan
|
||||||||||||||
Lampiran 4 : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
IV
/ Genap
|
|||||||||||
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali songo
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.14.1
Menyebutkan
tiga sikap yang
harus kita
teladani dari kisah
Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
keteladanan Sunan Kudus
|
|||||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan tiga sikap
yang harus kita teladani dari kisah keteladanan wali songo
|
|
Sebutkan tiga sikap keteladanan wali songo yang harus kita
teladani
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menceritakan kisah
keteladanan wali songo
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
Tidak
Lancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan
kriteria:
1. Sangat lancar
: Apabila peserta didik dapat
menceritakan kisah keteladanan
wali songo dengan lancar
2. Lancar
: Apabila peserta didik dapat
menceritakan kisah keteladanan
wali songo dengan lancar, tetapi ada kesalahan sedikit
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat menceritakan
kisah keteladanan
wali songo dengan lancar, tetapi ada bagian Pembelajaran yang
terlewat
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menceritakan
kisah keteladanan
wali songo hanya sebagaiannya
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat
menceritakan semua kisah
keteladanan urutan wali
songo dengan lancar
|
||||||||||||||
Lampiran 5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri
tanda (V) di kolom sudah atau belum
|
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
1.
|
Aku
bisa menyebutkan nama-nama wali songo
|
|
|
|
2.
|
Aku
bisa mengungkapkan ajaran falsafah Sunan Ampel
|
|
|
|
3.
|
Aku
bisa menyebutkan tiga sikap keteladanan wali songo
|
|
|
|
4.
|
Aku
bisa mencontohkan sikap keteladanan Sunan Kudus
|
|
|
Tugas kelompok: Bersama teman kelompokmu,
demonstrasikan sikap keteladanan Sunan Kudus dengan bahasamu sendiri
Lampiran 6 : Instrumen Penilaian Portofolio
|
Kelas
/ Semester
|
:
|
|
IV
/ Genap
|
||||||||
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
|
4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali songo
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
4.14.1
Menyebutkan
tiga sikap yang
harus kita
teladani dari kisah
Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
keteladanan Sunan Kudus
|
||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||
|
1.
|
Mediskusikankan wali songo
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
Sangat
Lancar
Lancar
Sedang
Kurang
Lancar
TidakLancar
|
=
Skor 5
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
------------------ X 100
= ---------
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
Catatan
kriteria:
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat mendiskusikan
dan
menyebutkankisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
dengan
lancar
2.
Lancar :
Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan
menyebutkankisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
dengan
lancar, tetapi ada kesalahan sedikit
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat
mendiskusikan dan
Menyebutkan
kisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
dengan
lancar, tetapi ada yang bagian Pembelajaran yang terlewat
4.
Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan menyebutkan
kisah
keteladanan wali songo dan Sunan Kudus hanya
sebagaiannya
5.
Tidak lancar
: Apabila peserta didik tidak
dapat mendiskusikan dan
menyebutkan
kisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
semua kisah
|
|||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala
SD …………………….
…………………………….
NIP.
…………………………..
|
………………………,………………………….
Guru Mata Pelajaran PAI dan
Budi Pekerti
…………………………………………….
NIP………………………………….
|
Komentar
Posting Komentar