LANJUTAN RPP KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 kISAH TELADAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :   Kisah Keteladanan Wali Songo
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran


A.      Kompetensi Inti
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.14 Mengetahui kisah
       keteladanan wali Songo

3.14.1 Menyebutkan nama-nama wali
           songo
3.14.2 Mengungkapkan falsafah   
           Sunan Ampel

2
4.14 Menceritakan kisah  
        keteladanan wali Songo

4.14.1 Menyebutkan tiga sikap  yang  
           harus kita teladani dari kisah
           Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
           keteladanan Sunan Kudus


C. Indikator Pencapaian Kompetensi

D. Deskripsi Materi Pembelajaran
Amati dan ceritakan gambar berikut!









Assalāmu’alaikum
Anak-anak, apa yang kalian ketahui tentang wali Allah? Siapakah
mereka? Apa saja keistimewaan mereka?
Wali Allah di dunia ini jumlahnya banyak, tetapi dalam pelajaran
ini yang akan kita pelajari hanyalah Wali Songo. Untuk mengetahui
siapa para wali Allah itu dan apa saja yang menjadi kisah teladan dari
Wali Songo kalian dapat menyimaknya pada pelajaran ini. Semoga
kalian bisa mengambil hikmahnya.

Nama-nama Wali Songo, yaitu:
1.    Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)
2.    Sunan Ampel (Raden Rahmat)
Sunan Ampel atau Raden Rahmat dianggap sebagai sesepuh oleh para wali lainnya. Makam Sunan Ampel terletak didekat Masjid Ampel, Surabaya. Kisah keteladanan yang menarik adalah ketika Sunan Ampel berdakwah kepada Prabu Brawijaya. Meskipun akhirnya tidak memeluk agama Islam, Prabu Brawijaya terkesan dengan ajaran agama Islam sebagai ajaran budi pekerti yang mulia. Sunan Ampel mengajarkan falsafah Moh Limo (5M).
Yang dimaksud dengan Moh Limo adalah tidak mau melakukan  
lima perbuatan tercela, yaitu:
(1) main (berjudi)
(2) ngombe (mabuk-mabukan)
(3) maling (mencuri)
(4) madat (menghisap candu atau ganja)
(5) madon (berzina)
3. Sunan Bonang (Makhdum Ibrahim)
4. Sunan Drajat
5. Sunan Kudus
Sunan Kudus adalah putra Sunan Ngudung atau Raden Usman Haji.
Ia memiliki peran yang besar dalam pemerintahan Kesultanan Demak. Ia menduduki posisi sebagai panglima perang, penasiha Sultan Demak, dan hakim peradilan negara.Sunan Kudus banyak berdakwah di kalangan kaum penguasa dan priayi Jawa. Di antara yang pernah menjadi muridnya adalah Sunan Prawata penguasa Demak dan Arya Penangsang adipati Jipang Panolan. Salah satu peninggalannya yang terkenal adalah Masjid Menara Kudus. Sunan Kudus wafat pada tahun 1550.
6. Sunan Giri
7. Sunan Kalijaga (Raden Said)
8. Sunan Muria (Raden Umar Said)
9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah)


G. Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca Al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi kisah keteladanan wali songo;
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa tulisan di papan tulis/white board, gambar.

20 menit
2.
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1.      Menyimak  kisah keteladanan wali songo secara klasikal maupun individual.
2.    Mengamati gambar wali songo  baik secara klasikal atau individual
b. Menanya
 1.  Mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Wali 
     Songo.
2. Mengajukan pertanyaan tentang ajaran falsafah Sunan Ampel.
c. Mengeksperimen
    1. Mendiskusikan kisah keteladanan Wali Songo, baik secara  klasikal maupun kelompok
2. Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Wali Songo, baik secara klasikal maupun kelompok.
d. Mengasosiasi
1.    Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Wali Songo
2.    Mengidentifikasi falsafah Sunan Ampel 
e. Mengomunikasikan
1.      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan  Wali Songo secara kelompok
2.      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,   menyanggah)

100 menit
3.
Penutup
a.         Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.         Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temua
       berikutnya.

20 menit

H. Penilaian
     1. Sikap spiritual (observasi)
a.    Jenis Penilaian           : Non Tes
b.    Teknik Penilaian       : Penilaian diri
c.    Bentuk Instrumen     : Lembar penilaian diri
d.   Kisi-kisi         :


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Meyakini keteladanan sikap Wali Songo
Terlampir
2.
Meyakini falsafah Sunan Ampel sebagai Norma hidup
Terlampir
Instrumen: Terlampir

     2. Sikap sosial (observasi)
a.      Jenis Penilaian         : Non Tes
b.      Teknik Penilaian     : Penilaian Antar Teman
c.      Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian
d.     Kisi-kisi:
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir
       3. Pengetahuan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Tes Lisan
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian tes lisan
d.   Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menyebutkan nama-nama wali songo
Sebutkan nama-nama Wali Songo
2.
Mengungkapkan falsafah Sunan Ampel
Ungkapkan tiga falsafah Sunan Ampel
3.
Menyebutkan tiga sikap  yang  harus kita teladani dari kisah Keteladanan wali songo
Sebutkan tiga sikap keteladanan wali songo
4.
Mencontohkan sikap
keteladanan Sunan Kudus
Contohkan sikap keteladanan Sunan Kudus

Instrumen: Terlampir

      4. Keterampilan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                  :


No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Mendiskusikan sikap keteladanan wali songo
Diskudikan kisah keteladanan wali songo

Instrumen: Terlampir
      5. Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang kisah keteladanan wali songo
     Instrumen: Terlampir
      6. Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam mendiskusikan kisah keteladanan wali songo
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam mendiskusikan ajaran falsafah Sunan Ampel

LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
IV / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri.
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1
Keteladanan Wali Songo dapat kita tiru sebagai pedoman hidup kita






2
Ajaran Falsafah Sunan Ampel sebagai Norma hidup






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                      
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................















Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
IV/ Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.       Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
















                                                



Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:

IV / Genap
Kompetensi Dasar

:

3.14 Mengetahui kisah keteladanan wali songo
Indikator
:

3.14.1 Menyebutkan nama-nama wali
           songo
3.14.2 Mengungkapkan falsafah   
           Sunan Ampel

Teknik Penilaian
:

Lisan.
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menyebutkan nama-nama wali songo


Sebutkan nama-nama wali songo
2.
Mengngkapkan falsafah Sunan Ampel


Ungkapkan falsafah Sunan Ampel




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Menyebutkan nama-nama wali songo






2.
Mengungkapkan falsafah Sunan Ampel






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                     
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar      : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
                                  lancar.
2. Lancar                : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
                                  kesalahan satu dalam menyebutkan empat hal yang membatalkan
                                  wali songo
3. Sedang               :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan dua saja dengan
                                  benar
4. Kurang lancar     :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar        :  Apabila peserta didik tidak dapat menjawab semua pertanyaan















Lampiran 4     : Instrumen Penilaian (Aspek Keterampilan)
Kelas / Semester
:

IV / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali songo
Indikator
:

4.14.1 Menyebutkan tiga sikap  yang  
           harus kita teladani dari kisah
           Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
           keteladanan Sunan Kudus

Teknik Penilaian
:

Kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menyebutkan tiga sikap yang harus kita teladani dari kisah keteladanan wali songo

Sebutkan tiga sikap keteladanan wali songo yang harus kita teladani




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Menceritakan kisah keteladanan wali songo






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar               :  Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan 
                                           wali songo dengan lancar
2. Lancar                         :  Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan
                                           wali songo dengan lancar, tetapi ada kesalahan sedikit
3. Sedang                        :  Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan
                                           wali songo dengan lancar, tetapi ada bagian Pembelajaran yang
                                            terlewat
4. Kurang lancar              :  Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah keteladanan
                                           wali songo hanya sebagaiannya                                           
5. Tidak lancar                 :  Apabila peserta didik tidak dapat menceritakan semua kisah
                                           keteladanan urutan wali songo dengan lancar
















Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku bisa menyebutkan nama-nama wali songo


2.
Aku bisa mengungkapkan ajaran falsafah Sunan Ampel


3.
Aku bisa menyebutkan tiga sikap keteladanan wali songo


4.
Aku bisa mencontohkan sikap keteladanan Sunan Kudus



Tugas kelompok: Bersama teman kelompokmu, demonstrasikan sikap keteladanan Sunan Kudus dengan bahasamu sendiri
Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

IV / Genap
Kompetensi Dasar
:

4.14 Menceritakan kisah keteladanan wali songo
Indikator
:

4.14.1 Menyebutkan tiga sikap  yang  
           harus kita teladani dari kisah
           Keteladanan wali songo
4.14.2 Mencontohkan sikap
           keteladanan Sunan Kudus

Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mediskusikankan wali songo






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar         :  Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan
                                 menyebutkankisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
                                  dengan lancar
2.    Lancar                    :  Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan
                                 menyebutkankisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
                                  dengan lancar, tetapi ada kesalahan sedikit
3.    Sedang                   : Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan
                                 Menyebutkan kisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
                                 dengan lancar, tetapi ada yang bagian Pembelajaran yang terlewat
4.    Kurang lancar        : Apabila peserta didik dapat mendiskusikan dan menyebutkan
                                kisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus hanya
                                sebagaiannya                                           
5.    Tidak lancar          :  Apabila peserta didik tidak dapat mendiskusikan dan
                                menyebutkan kisah keteladanan wali songo dan Sunan Kudus
                                semua kisah















G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.







Mengetahui,
Kepala SD …………………….




…………………………….
NIP. …………………………..
………………………,………………………….

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti




…………………………………………….
NIP………………………………….





Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN