LANJUTAN RPP KLS 5 / 2 2013 ULUL AZMI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah                    :    SDN
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :  V/2
Materi Pokok                     : Rasul Allah dan Rasul ulul ‘Azmi
Alokasi Waktu                   : 1 x 4 Jam Pelajaran


A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi

3.1.1  Menjelaskan arti ulul ‘Azmi
3.1.2. Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul Azmi
3.1.3 Menunjukkan keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

C. Tujuan Pembelajaran     
Melalui tanya jawab, peserta didik mampu:
1.       Menjelaskan arti ulul ‘Azmi
2.       Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul Azmi
3.      Menunjukkan keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

D. Materi Pembelajaran
Rasul Ulul ‘Azmi

1.      Apa yang Dimaksud dengan Rasul Ulul ‘Azmi?
Jawaban pertanyaan di atas adalah sebagai sebagai berikut. Ulul ’Azmi terdiri dari dua kata, yaitu Ulul dan al-Azmi. Ulul atau Ulu/Uli artinya mempunyai atau memiliki. Al-Azmi artinya teguh atau tekad yang kuat. Ulul ‘Azmi artinya memiliki keteguhan/tekad. Kalau disebut rasul Ulul ‘Azmi, maka artinya rasul yang memiliki keteguhan atau tekad. Para rasul Ulul ‘Azmi memiliki keteguhan, tekad, ketabahan, dan kesabaran yang sangat kuat, ia teguh dalam menjalankan tugasnya, yaitu menyampaikan ajaran-ajaran Allah Swt.

2.      Siapa Saja Rasul yang Tergolong Ulul ‘Azmi?

Rasul Ulul ‘Azmi itu adalah Nūh a.s., Ibrāh³m a.s., Mūsā a.s., ³sā a.s., dan Muhammad saw.
Ayo, ikuti riwayat singkat para Rasul Ulul ‘Azmi berikut!
a. Nabi Nūh a.s. adalah keturunan kesepuluh dari Nabi Ādam a.s. Ia mengajak manusia agar menyembah Allah dan melarang memperhambakan diri kepada selain Allah. Tetapi manusia di masa itu tidak mengacuhkan seruannya. Seruan Nabi Nūh a.s. itu mereka sambut dengan cemooh dan ejekan. Selama 950 tahun Nabi Nūh a.s. menyiarkan ajaran Allah Swt., tetapi umatnya tetap
saja ingkar termasuk anaknya sendiri yang bernama Kan’ān. Akhirnya Tuhan menurunkan kepada mereka siksaan berupa banjir besar. Hanya sedikit orang yang selamat dari selamat. Mereka adalah para pengikut Nūh a.s.
b. Nabi Ibrāh³m a.s. adalah anak Azar tukang membuat patung-patung untuk dijadikan sesembahan. Nabi Ibrāh³m a.s. hidup pada masa raja Namrud yang zalim, musyrik dan kufur. Nabi Ibrāh³m a.s. mengajak raja Namrud dan kaumnya agar beriman dan menyembah Allah Swt. Ia ajak agar mereka meninggalkan menyembah berhala. Ada banyak kesabaran dan keteguhan Nabi Ibrāh³m a.s. yang dapat kita ketahui lebih lanjut. Karena ketaatan Nabi Ibrāh³m kepada Allah, maka doanya dikabulkan.
c. Nabi Mūsā a.s. adalah putra Imrān, keturunan Bani Israil. Ia hidup di masa raja Firaun yang sangat dzalim, mengaku dirinya Tuhan. Siapa yang tidak mau menuhankannya, maka orang itu akan dibunuh. Nabi Mūsā a.s. terus saja menyebarkan ajaran Allah Swt. kepada kaum Bani Israil seraya berdoa agar diberi kawan yang membantunya. Akhirnya diberilah Harun saudaranya yang membantu dakwahnya. Doa Nabi Mūsā a.s. dikabulkan Allah, maka Nabi Hārūn a.s. diangkat Allah menjadi Rasul.
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti 63
d. Nabi ³sā a.s. adalah putra Maryam. Dengan kekuasaan Allah Swt. beliau dilahirkan dengan perantaraan ibu saja. Keajaiban kelahiran ini menjadi ujian kepada manusia, percaya atau tidak kepada kekuasaan Allah Swt. Nabi ³sā a.s. dalam menjalankan dakwahnya, diancam dan direncanakan untuk dibunuh dengan cara disalib. Namun Allah Swt. menyelamatkan Nabi ³sā a.s. dengan cara diangkatkan ke alam ghaib (mi’raj). Ternyata yang terbunuh adalah orang yang menyerupai Nabi ³sā a.s. yaitu Yahuza (Iskariot). Lihat Q.S. an-Nisa/4:157: “... tidaklah mereka membunuh dan menyalib Isa, hanya orang yang diserupakan Allah dengan ³sā a.s. yang tersalib.”

D. Kisah Keteladanan Nabi Muhammad saw. sebagai Ulul ‘Azmi

Sejak usia muda, Nabi Muhammad saw. terkenal jujur, tabah, sabar, betanggung jawab, pekerja keras sehingga diberi julukan “al Amin” artinya terpercaya. Setelah diangkat menjadi rasul, beliau tak henti-hentinya berdakwah mengajak umat manusia menyembah Allah Swt. dan meninggalkan kemusyrikan yaitu penyembahan terhadap berhala.
Dalam menyiarkan agama Allah, Nabi Muhammad saw. sering dihadang, bahkan diancam akan dibunuh oleh orang-orang kafir Quraisy. Abu Jahal adalah orang yang paling membencinya. Pernah ketika Nabi Muhammad saw. sedang beribadah, Abu Jahal dan komplotannya datang sengaja mengotorinya dengan najis. Namun Nabi Muhammad saw. hanya berdoa kepada Allah: “Ya Tuhan kepada Engkau aku menyerahkan kaum Quraisy”. Doa ini berulang-ulang beliau baca.
Dari peristiwa itu, Nabi Muhammad saw. bukanlah sosok manusia pendendam, tidak membalas kejahatan Abu Jahal dan kawan-kawannya dengan tindakan yang sama, cukup menyerahkan persoalannya kepada Allah Swt.
Selain jujur dan pemaaf, Nabi Muhammad saw. sangat menyayangi anak yatim. Nabi pernah mengatakan: “ Barangsiapa yang memelihara dan mengasuh anak yatim dengan sebaik-baiknya, kelak mereka akan masuk surga, dan tempatnya berdekatan denganku. Hal ini diisyaratkan Nabi dengan jari telunjuk dan jari tengahnya yang berdekatan dan tidak terhalang apa pun”. Begitulah kepedulian Nabi Muhammad saw. kepada umatnya.
Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad saw., dialah nabi dan rasul penutup, tidak ada lagi nabi dan rasul setelahnya. Karena Nabi Muhammad saw. sebagai penutup, maka sering disebut dengan istilah khatamul anbiya artinya penutup atau penghabisan para nabi dan rasul.
   
E. Metode Pembelajaran
 1. Tanya jawab
 2. Diskusi

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media : Tulisan nama-nama rasul   
2.. Sumber Pembelajaran:
    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V, Buchori Ismail, dkk. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi nama-nama rasul allah dan rasul ulul ‘azmi
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.      Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dipelajari
g.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa visual

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·         Membaca arti ulul ‘Azmi
·         Membaca kisah rasul yang termasuk ulul Azmi
·          Membaca kisah keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

Menanya
  • Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang arti ulul ‘Azmi
  • Melalaui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang nama-nama rasul ulul’Azmi
  • Melalaui motifasi dari guru mengajukan tentang  keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

Eksperimen/Explore

·         Mendiskusikan arti ulul ‘Azmi
·         Mendiskusikan nama-nama rasul yang termasuk ulul Azmi
·         Mendiskusikan keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi
Asosiasi
  • Membuat rumusan arti ulul ‘Azmi
  • Membuat rumusan hasil diskusi nama-nama rasul yang termasuk ulul Azmi
·         Membuat rumusan keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

Komunikasi
  • Menyampaikan hasil diskusi tentang arti ulul ‘Azmi
  •  Menyimpulkan hasil diskusi tentang nama-nama rasul yang termasuk ulul Azmi
·         keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

·         Menyimpulkan hasil diskusi tentang keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi

   100 menit
3.
Penutup
a.  Membuat kesiumpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit

H. Penilaian
       3. Pengetahuan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Tes Lisan
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian tes lisan
d.   Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan arti ulul ‘Azmi

Apakah arti ulul ‘Azmi ?
2.
Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul ‘Azmi
Sebutkan nama-nama yang termasuk rasul ulul ‘Azmi !
3.
Menunjukkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi
Sebutkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi !
Instrumen: Terlampir

      4. Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang
·      arti ulul ‘Azmi
·      Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul ‘Azmi
·      Menunjukkan sikap keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi
     Instrumen: Terlampir
      5. Portofolio
·      Membaca kisah-kisah rasul ulul ‘Azmi

LAMPIRAN-LAMPIRAN;
Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
V / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.      Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
  1. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).














Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:

V / Genap
Kompetensi Dasar
:

3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘azmi
Indikator
:

3.4.1  Menjelaskan arti ulul ‘Azmi
3.4.2   Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul ‘Azmi
3.4.3 Menunjukkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi
Teknik Penilaian
:

Lisan, Tulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menjelaskan arti ulul ‘Azmi

Apa arti ulul ‘Azmi !
2.
Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul ‘Azmi

Sebutkan nama-nama rasul yang termasuk ulul ‘Azmi !
3
Menunjukkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi

Sebutkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘azmi!




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mengenal nama-nama rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                        
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar      : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
                                  lancar.
2. Lancar                : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
                                  kesalahan satu dalam menyebutkan arti ulul ‘Azmi,
3. Sedang               :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan dua saja dengan
                                  benar
4. Kurang lancar     :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar        :  Apabila peserta didik tidak dapat menjawab semua pertanyaan

















Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum

No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku bisa mengartikan ulul ‘Azmi


2.
Aku bisa menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk rasululul ‘Azmi


3.
Aku bisa menunjukkan keteladanaan rasul-rasul ulul ‘Azmi



Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio
Kelas / Semester
:

I / Gasal
Kompetensi Dasar
:

3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘Azmi

Indikator
:

3.4.1  Menjelaskan arti ulul ‘Azmi
3.4.2  Menyebutkan nama-nam rasul yang termasuk ulul ‘Azmi
3.4.3 Menunjukkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi
Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua

No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mengartikan ulul ‘Azmi






2.
Menyebutkan nama-nama rasul yang termasuk  ulul ‘Azmi






3.
Menunjukkan keteladanan rasul-rasul ulul ‘Azmi






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar         :  Apabila peserta didik dapat menjelaskan arti ulul
2.     2.Lancar                :  Apabila peserta didik dapat menjelaskan arti ulul ‘Azmi,
3.Sedang                     : Apabila peserta didik dapat menjelaskan arti ulul ‘Azmi,
4.Kurang lancar           : Apabila peserta didik dapat menjelaskanarti ulul ‘Azmi,
5..Tidak lancar            : Apabila peserta didik dapat menjelaskanarti ulul ‘Azmi,  
Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN