rpp kelas 1 semester 2 kurtilas

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 :    SDN
Mata Pelajaran                      :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                     :    I/2
Materi Pembelajaran             :    Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi Waktu                       :   1 x 4 Jam Pelajaran
                                                 

A.       Kompetensi Inti
       KI-1    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
       KI-2   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
       KI-3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
       2.7 Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al-Alaq (96):   1-5.
       3.9  Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.7.4     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
     2.7.1 Ketekunan dalam belajar
     2.7.2 Kebersamaan dalam mengerjakan tugas kelompok
     2.7.3 Kebersamaan dalam menghafal pelajaran
     3.9.1 Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
     3.9.2 Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
     4.7.4.1 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
     4.7.4.2 Menceritakan sifat terpuji Nabi Idris a.s.

D. Deskripsi Materi Pembelajaran
     Nabi Idris a.s. utusan Allah Swt. Ia nabi yang pandai. Sejak kecil Nabi Idris a.s. rajin belajar. Al-Qur’an menyuruh kita selalu belajar.

E. Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Wkt
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.     Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
e.     Memberikan motivasi pentingnya mempelajari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
f.       Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui dan menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s. dengan benar;
g.     Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan;
h.     Mengadakan evaluasi awal (pretes).


20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan Nabi Idris a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara klasikal atau individual
b. Menanya
    Mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
c. Mengumpulkan Informasi
    Menceritakan dan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan   Nabi Idris a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
d. Mengasosiasi
·      Membuat rumusan tentang keteladanan Nabi Idris a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
·      Menghubungkan keteladanan Nabi Idris dengan kehidupan sehari-hari
e. Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Idris a.s. secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)



20 menit
3.
Penutup
a.  Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
e. Menutup pelajaran dengan berdoa dan salam






F.   Penilaian
1.    Sikap Spiritual
                            a.     Jenis Penilaian                   : Non Tes
                            b.     Teknik Penilaian                 : Penilaian diri
                            c.     Bentuk Instrumen               : Lembar penilaian diri
                            d.     Kisi-kisi                              :
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Berdoa sebelum belajar
Nomor 1
  1.  
Berdoa setelah belajar
Nomor 2
  1.  
Membaca basmalah sebelum memulai aktivitas
Nomor 3
  1.  
Membaca hamdalah setelah beraktivitas
Nomor  4

e. Instrumen Penilaian

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I/Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian diri
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

Selalu
Sering
Kadang-Kadang
Tidak Pernah

1
Saya berdoa sebelum belajar






2
Saya berdoa setelah belajar






3
Saya membaca basmalah sebelum memulai aktivitas






4
Saya membaca hamdalah setelah beraktivitas






JUMLAH SKOR








KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

Selalu
Sering
Kadang-Kadang
Tidak Pernah
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
---------------------x100  = ....       
Skor maksimal



CATATAN: 
..............................................................................................................................................















2.    Sikap Sosial
                            a.     Jenis Penilaian       : Non Tes
                            b.     Teknik Penilaian     : Observasi
                            c.     Bentuk Instrumen   : Lembar Observasi
                            d.     Kisi-kisi:


No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Ketekunan
Nomor 1
  1.  
Kebersamaan mengerjakan tugas
Nomor 2
  1.  
Kebersamaan dalam menghafal pelajaran
Nomor 3

               e. Instrumen Penilaian

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
I/Genap
Teknik Penilaian
:
Observasi

NO.
ASPEK YANG DIAMATI
PILIHAN JAWABAN
SKOR

M
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan ketekunan dalam belajar






2
Memperlihatkan kebersamaan dalam mengerjakan tugas kelompok






3
Memperlihatkan kebersamaan dalam menghafal pelajaran






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

M : Membudaya
MB: Mulai berkembang
MT: Mulai Terlihat
BT: Belum Terlihat
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
---------------------x100  =  ...       
Skor maksimal





CATATAN: 
M=  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten)
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator)














     3. Pengetahuan
a.    Jenis Penilaian            : Tes
b.    Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
c.    Bentuk Instrumen        : Lembar penilaian tes tertulis
d.    Kisi-kisi                      :


No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
Nomor 1 s.d 3
2
Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
Nomor 4

e. Instrumen Penilaian
Nama Siswa
Kelas/Semester
:

…………………………………
I/Genap
Teknik Penilaian
:

Tes Tertulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator
Instrumen
1

Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

1. Nabi Idris a.s. sejak kecil rajin....
2. Nabi Idris a.s. nabi yang pandai
    karena….
3. Rajin belajar adalah anjuran
    dalam....
2
Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
 4.     Sifat terpuji Nabi Idris a.s. adalah….

RUBRIK PENILAIAN:
Tiap item soal yang benar diberi skor 1
x 100 = …………
Skor Akhir                    : Skor yang diperoleh siswa
                                                             4










            4. Keterampilan
a.    Jenis Penilaian       : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian kinerja
d.    Kisi-kisi                  :

No.
Indikator
Butir Instrumen
1
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.


Nomor 1
2
Menceritakan sifat terpuji Nabi Idris a.s.

Nomor 2






e. Instrumen Penilaian

Nama Siswa
Kelas/Semester
:

……………………………….
I/Genap
Teknik Penilaian
:

Kinerja
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.

Ceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.!
2.
Menceritakan sifat terpuji Nabi Idris a.s.

Ceritakan sifat terpuji Nabi Idris a.s.!




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.






2.
Menceritakan sifat terpuji Nabi Idris a.s.






JUMLAH SKOR







KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ x  100  =   --        
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar               :    Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s. dengan lancar.
2.     Lancar                         :    Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s. tetapi masih ada kesalahan sedikit.
3.     Sedang                        :    Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s.dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan sebagian
4.     Kurang lancar               :    Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s. dengan kurang lancar.
5.     Tidak lancar                 :    Apabila peserta didik tidak dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s.
























G.  Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.       Media/Alat                    : Gambar
2.       Bahan                          : Kertas
3.       Sumber Belajar : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls I, Penulis:
                                     Ahmad Hasim dan Otong Jaelani, Kemdikbud
                                     Jakarta, 2014.


Mengetahui,
Kepala SD.....





...............................................
NIP. ......................................
......................, ..............................................

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti





.................................................
NIP. ........................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN