rpp kelas 1 semester 2 kurtilas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/Semester :
I/2
Materi Pembelajaran : Semangat
Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI-1 Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI-4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi Dasar
2.7
Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S Al-Alaq
(96): 1-5.
3.9 Mengenal kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
4.7.4
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
2.7.1
Ketekunan dalam belajar
2.7.2
Kebersamaan dalam mengerjakan tugas kelompok
2.7.3 Kebersamaan
dalam menghafal pelajaran
3.9.1 Menyebutkan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
3.9.2
Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
4.7.4.1 Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Idris a.s.
4.7.4.2 Menceritakan sifat terpuji Nabi
Idris a.s.
D. Deskripsi Materi Pembelajaran
Nabi Idris
a.s. utusan Allah Swt. Ia nabi yang pandai. Sejak kecil Nabi Idris a.s. rajin
belajar. Al-Qur’an menyuruh kita selalu
belajar.
E. Kegiatan
Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Wkt
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama
surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya
yang telah dibahas (appersepsi);
e.
Memberikan motivasi pentingnya mempelajari kisah keteladanan
Nabi Idris a.s.
f.
Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mengetahui dan menceritakan kisah keteladanan
Nabi Idris a.s. dengan benar;
g.
Menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan;
h.
Mengadakan evaluasi
awal (pretes).
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar
contoh keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara klasikal atau individual
b. Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
c. Mengumpulkan
Informasi
Menceritakan dan mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Idris a.s. baik secara
klasikal maupun kelompok
d. Mengasosiasi
· Membuat rumusan
tentang keteladanan Nabi Idris a.s.
· Mengidentifikasi
perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
· Menghubungkan keteladanan Nabi Idris dengan kehidupan sehari-hari
e. Mengomunikasikan
· Menyampaikan
hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Idris a.s. secara kelompok
· Menanggapi hasil
presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
|
20 menit
|
|
3.
|
Penutup
a. Peserta
didik membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian
dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari
kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan
langkah selanjutnya;
c. Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik
d. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e. Menutup pelajaran
dengan berdoa dan salam
|
|
F. Penilaian
1. Sikap Spiritual
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Penilaian diri
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
d. Kisi-kisi :
|
No
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
|
Berdoa sebelum
belajar
|
Nomor 1
|
|
|
Berdoa setelah
belajar
|
Nomor 2
|
|
|
Membaca basmalah
sebelum memulai aktivitas
|
Nomor 3
|
|
|
Membaca
hamdalah setelah beraktivitas
|
Nomor 4
|
e. Instrumen
Penilaian
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I/Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian diri
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-Kadang
|
Tidak
Pernah
|
||||||||
|
1
|
Saya berdoa
sebelum belajar
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Saya berdoa
setelah belajar
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Saya membaca
basmalah sebelum memulai aktivitas
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Saya membaca
hamdalah setelah beraktivitas
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
Selalu
Sering
Kadang-Kadang
Tidak Pernah
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
---------------------x100 = ....
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
2. Sikap Sosial
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Observasi
c. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
d. Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
|
Ketekunan
|
Nomor 1
|
|
|
Kebersamaan
mengerjakan tugas
|
Nomor 2
|
|
|
Kebersamaan
dalam menghafal pelajaran
|
Nomor 3
|
e. Instrumen Penilaian
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
I/Genap
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Observasi
|
|||||||||
|
|
|||||||||||
|
NO.
|
ASPEK YANG DIAMATI
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan ketekunan dalam belajar
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan kebersamaan dalam mengerjakan tugas
kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan
kebersamaan dalam menghafal pelajaran
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
M : Membudaya
MB:
Mulai berkembang
MT:
Mulai Terlihat
BT:
Belum Terlihat
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
---------------------x100 =
...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
M= Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten)
MB
= Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan
berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
MT
= Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
BT = Belum Terlihat (apabila peserta didik
belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator)
|
|||||||||||
3. Pengetahuan
a. Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian : Tes Tertulis
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian tes tertulis
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
1
|
Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
|
Nomor 1 s.d 3
|
|
2
|
Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
|
Nomor 4
|
e.
Instrumen Penilaian
|
Nama
Siswa
Kelas/Semester
|
:
|
|
…………………………………
I/Genap
|
|||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
|
Tes Tertulis
|
|||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||
|
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
||||
|
1
|
Menyebutkan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
|
1. Nabi Idris a.s. sejak kecil
rajin....
2. Nabi Idris a.s. nabi
yang pandai
karena….
3. Rajin belajar adalah anjuran
dalam....
|
||||
|
2
|
Mengungkapkan sifat terpuji Nabi Idris a.s.
|
4. Sifat terpuji Nabi Idris a.s. adalah….
|
||||
|
RUBRIK
PENILAIAN:
Tiap item soal yang benar diberi skor 1
4
|
||||||
|
|
||||||
4. Keterampilan
a.
Jenis Penilaian :
Tes
b.
Teknik Penilaian :
Kinerja
c.
Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
|
1
|
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
|
Nomor 1
|
|
2
|
Menceritakan
sifat terpuji Nabi Idris a.s.
|
Nomor 2
|
e. Instrumen Penilaian
|
Nama Siswa
Kelas/Semester
|
:
|
|
……………………………….
I/Genap
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Idris a.s.
|
|
Ceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.!
|
|||||||||||
|
2.
|
Menceritakan
sifat terpuji Nabi Idris a.s.
|
|
Ceritakan
sifat terpuji Nabi Idris a.s.!
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK
PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Menceritakan
sifat terpuji Nabi Idris a.s.
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
x
100 = --
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1.
Sangat
lancar : Apabila peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s. dengan lancar.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat menceritakan
kisah Nabi Idris a.s. tetapi masih ada
kesalahan sedikit.
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s.dengan lancar, akan tetapi masih ada kesalahan sebagian
4.
Kurang
lancar : Apabila
peserta didik dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s. dengan kurang lancar.
5.
Tidak
lancar : Apabila peserta didik tidak dapat menceritakan kisah Nabi Idris a.s.
|
||||||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber
Belajar
1.
Media/Alat : Gambar
2.
Bahan :
Kertas
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls I, Penulis:
Ahmad Hasim dan Otong Jaelani, Kemdikbud
Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala SD.....
...............................................
NIP.
......................................
|
......................,
..............................................
Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi
Pekerti
.................................................
NIP.
........................................
|
Komentar
Posting Komentar