RPP KELAS 5 /2 2013 LANJUTAN MENGENAL ROSUL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SDN
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :  V/2
Materi Pokok                     : Mari mengenal rasul-rasul Allah
Alokasi Waktu                   : 1 x 4 Jam Pelajaran


A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi

3.1.1 Membedakan arti rasul dan rasulullah
3.1.2  Menyebutkan tugas dan sifat-sifat rasul


C. Tujuan Pembelajaran     
Melalui tanya jawab, peserta didik mampu:
      1. Membedakan arti rasul dan rasulullah
      2.  Menyebutkan tugas dan sifat-sifat rasul

D. Materi Pembelajaran
    Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi

A. Apa Makna Rasul Allah?
Rasul artinya utusan. Sedangkan Rasulullah artinya utusan Allah, yaitu orang yang menerima wahyu dan berkewajiban menyampaikannya kepada orang lain atau umat manusia. Perhatikan Q.S. al-An’am/6: 48 berikut ini.
Artinya: “Dan tidak Kami mengutus para rasul melainkan untuk memberi kabar gembira dan peringatan”.
Ayat di atas menjelaskan tentang “alasan Allah Swt. mengutus para rasul”? Jawabannya adalah untuk memberi kabar gembira dan memberikan peringatan. Kabar gembira maksudnya menyampaikan janji Allah bagi orang yang menaati perintahNya. Bagi mereka diberikan kenikmatan dan kesenangan di dunia maupun di akhirat kelak. Rasul memberi peringatan, yaitu bagi mereka yang ingkar kepada Allah dan RasulNya akan mendapat balasan buruk yaitu neraka jahanam.
Nabi dan rasul adalah manusia biasa, laki-laki yang dipilih oleh Allah Swt. untuk menerima wahyu. Sebagaimana manusia lainnya rasul pun hidup seperti kebanyakan manusia, yaitu makan, minum, berjalan-jalan, nikah, punya anak, merasa sakit, senang, susah, semakin tua, mati, dan sifat-sifat manusiawi lainnya
E. Metode Pembelajaran
 1. Tanya jawab
 2. Diskusi


F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.  Media : Tulisan nama-nama rasul   
2.. Sumber Pembelajaran:
    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Untuk SD/MI Kls V, Buchori Ismail, dkk. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.     Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi nama-nama rasul allah dan rasul ulul ‘azmi
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.      Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dipelajari
g.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa visual

20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
·      Membaca cerita rasul-rasul Allah
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perbedaan rasul dan rasulullah
·      Menyebutkan tugas dan sifat rasul-rasul Allah
Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan  rasul dan rasulallah
·      Mendiskusikan tugas dan sifat rasul Allah
Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang rasul dan rasulallah
·      Membuat rumusan hasil diskusi tugas dan sifat  rasul Allah
Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang rasul dan  rasulallah
·       Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang tugas dan sifat rasul Allah
   
   100 menit
3.
Penutup
a.  Membuat kesiumpulan dibantu dan dibimbing guru
b. Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.

20 menit
H. Penilaian
       3. Pengetahuan
a.    Jenis Penilaian        : Tes
b.    Teknik Penilaian     : Tes Lisan
c.    Bentuk Instrumen   : Lembar penilaian tes lisan
d.   Kisi-kisi                  :
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Membedakan rasul dan rasulallah
Apa perbedaan rasul dan rasulallah?
2.
Menyebutkan tugas dan sifat rasul Allah
Sebutkan tugas dan sifat rasul!
Instrumen: Terlampir
4. Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang nama-nama rasul
     Instrumen: Terlampir
      5. Portofolio
·      Membedakan rasul dan rasulallah
·      Menyebutkan tugas rasul Allah
·      Menyebutkan sifat rasul Allah

LAMPIRAN-LAMPIRAN;
Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
V / Genap
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .
Petunjuk:
  1. Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
  2. Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
  3. Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR

MK
MB
MT
BT

1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok






2
Memperlihatkan adanya kekompokkan antar anggota kelompok.






3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.






4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.






5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR

MK
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                                     
Skormaksimal



CATATAN: 
MK =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).















Lampiran 3     : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
Kelas / Semester
:

V / Genap
Kompetensi Dasar
:

3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘azmi
Indikator
:

3.4.1  Membedakan rasul dan rasulullah
34.2   Menyebutkan tugas dan sifat rasul Allah
Teknik Penilaian
:

Lisan
Tulis
Penilai
:

Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.
Membedakan rasul dan rasulullah

Apa perbedaan rasul dan rasulullah ?
2.
Menyebutkan tugas dan sifat rasu Allah

Sebutkan tugas dan sifat rasul Allah !




RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mengenal nama-nama rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                          
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1. Sangat lancar      : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
                                  lancar.
2. Lancar                : Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
                                  kesalahan
3. Sedang               :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan dua saja dengan
                                  benar
4. Kurang lancar     :  Apabila peserta didik dapat menjawab pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar        :  Apabila peserta didik tidak dapat menjawab semua pertanyaan
















Lampiran 5     : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :

Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum

No.
Uraian
Sudah
Belum
1.
Aku bisa membedakan arti rasul dan rasulullah


2.
Aku bisa menyebutkan tugas dan sifat  rasul Allah





Lampiran 6     : Instrumen Penilaian Portofolio

Kelas / Semester
:

I / Gasal
Kompetensi Dasar
:

3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘Azmi

Indikator
:

3.4.1  Membedakan arti rasul dan rasullah
3.4.2  Menyebutkan tugas sifat rasul Allah
Teknik Penilaian
:

Portofolio
Penilai
:

Guru dan Orang tua

No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
1.
Mengurutkan nama-nama rasul Allah






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   ---------                                      
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar         :  Apabila peserta didik dapat menyebutkan nama-nama rasul allah
                                  dengan lancar
2.    Lancar                    :  Apabila peserta didik dapat menyebutkan nama-nama rasul allah
                                  dengan lancar, tetapi ada kesalahan sedikit
3.    Sedang                   : Apabila peserta didik dapat menyebutkan nama-nama rasul allah
                                 dengan lancar, tetapi ada kesalahan
4.    Kurang lancar        : Apabila peserta didik dapat menyebutkan nama-nama rasul allah
                                 dengan lancar
5.    Tidak lancar           : Apabila peserta didik tidak dapat menyebutkan nama-nama rasul
                                allah
                                

Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN