RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURTILAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :   Sikap Rendah Hati
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran

A.       Kompetensi Inti
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.       Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasidari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37


2
4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
4.8.1 Mendemonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam
4.8.2 Memperaktikan menghargai orang lain
4.8.3 Menampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan
4.8.4 Mendemontrasikan suka menolong
4.8.5 Memperktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
4.8.6 Menampilkan sikap tenang dan sederhana


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

D.      Deskripsi Materi Pembelajaran

Sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1. Menyapa dan mengucapkan salam terlebih dulu jika bertemu dengan orang lain.
2. Menghargai orang lain dan tidak suka menghina.
3. Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
4. Suka menolong dan memberi kepada orang lain.
5. Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman.
6. Bersikap tenang dan sederhana.


E.       Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
a.       Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
b.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
c.    Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
d.   Mengadakan pretes.


20 menit
2.
Kegiatan Inti:
a.      Mengamati
·         Menyimak peragaan sikap rendah hati
·         Memperhatikan tayangan sikap rendah hati

b.      Menanya
·         Mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati

c.       Mengumpulkan Informasi
·           Memperagakan sikap rendah hati secara indifidu dan kelompok

d.      Mengasosiasi
·         Membuat ringkasan peragaan tentang sikap rendah hati
·         Menghubungkan pragaan sikap rendah hati dengan kehidupan sehari-hari

e.       Mengomunikasikan
·         Memprsentasikan pragaan sikap rendah hati secara klompok
·         Menanggapi hasil prsentasi sikap rendah hati hasil klompok lain


  100 menit
3.
Penutup
a.         Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.        Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.         Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


20 menit

F.       Penilaian
1.   Sikap Spiritual
                   a.              Jenis Penilaian                  : Non Tes
                  b.              Teknik Penilaian               : Penilaian Diri
                   c.              Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian Diri
                  d.              Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1

Keyakinan bahwa sikap rendah hati banyak keuntungannya

Nomor 1
  2

Keyakinan bahwa sikap rendah hati sangat penting dalam kehidupan sehari-hari

Nomor 2

3


Kesadaran dalam diri bahwa sikap sombong itu, merupakan prilaku yang tercela
Nomor 3
4

Menyakini sikap rendah hati termasuk sikap terpuji

Nomor 4




                  


             e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
Risela
IV/2
Teknik Penilaian
:
Penilaian Diri
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju


1


Aku yakin bahwa tolong menolong itu tidak merugikan







2

Bagi Ani hidup sederhana itu sangat menguntungkan








3


Sikap sombong tidak termasuk sikap yang harus kita miliki






4

Menyakini sikap rendah hati termasuk sikap terpuji






JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------x100  = …                                        
Skor maksimal


CATATAN: 
..............................................................................................................................................













2.    Sikap Sosial
                   a.            Jenis Penilaian       : Non Tes
                  b.            Teknik Penilaian    : Penilaian Antar Teman
                   c.            Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
                  d.            Kisi-kisi                 :                                  
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
 cara menyapa dan mengucapkan salam
Nomor 1
  1.  
menghargai orang lain
Nomor 2
  1.  
 tidak memamerkan kekayaan
Nomor 3
  1.  
suka menolong
Nomor 4
  1.  
tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
Nomor 5
  1.  
sikap tenang dan sederhana
Nomor 6


e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
…………………………..
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman
Petunjuk:
a.       Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
M
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan cara menyapa dan mengucapkan salam





2
Memperlihatkan menghargai orang lain





3
Memperlihatkan tidak memamerkan kekayaan





4
Memperlihatkan suka menolong





5
Memperlihatkan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman





6
Memperlihatkan sikap tenang dan sederhana





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
M
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
--------------------- x100 =  ...                                     
Skor maksimal


CATATAN: 
M    =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).














3.    Keterampilan
a.    Jenis Penilaian      : Tes
b.    Teknik Penilaian   : Kinerja
c.    Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian kinerja
d.   Kisi-kisi                :
No
Indikator
Butir Instrumen

1


Mendemonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam
Nomor 1
2


Memperaktikan menghargai orang lain

Nomor 2
3

Menampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan
Nomor 3
4
Mendemontrasikan suka menolong
Nomor 4
5
Memperktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
Nomor 5
6
Menampilkan sikap tenang dan sederhana
Nomor 6

             e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan

Kelas / Semester
:
IV/2
Kompetensi Dasar
:
Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
Indikator
:

4.8.1 Mendemonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam
4.8.2 Memperaktikan menghargai orang lain
4.8.3 Menampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan
4.8.4 Mendemontrasikan suka menolong
4.8.5 Memperktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
4.8.6 Menampilkan sikap tenang dan sederhana
Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
No.
Indikator

Instrumen

1


Mendemonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam

Demonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam!
2


Memperaktikan menghargai orang lain


Peraktikan menghargai orang lain!

3

Menampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan


Tampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan !
4
Mendemontrasikan suka menolong

Demontrasikan suka menolong!
5
Memperktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman

Perktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman!
6
Menampilkan sikap tenang dan sederhana

Tampilkan sikap tenang dan sederhana!
RUBRIK PENILAIAN
No.
Indikator
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar

1


Mendemonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam






2


Memperaktikan menghargai orang lain







3

Menampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan







4
Mendemontrasikan suka menolong






5
Memperktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman






6
Menampilkan sikap tenang dan sederhana






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ x  100  =   --                                        
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar     :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan dengan sempurna
2.    Lancar               :   Apabila peserta didik dapat  mempraktikan dengan baik
3.    Sedang              :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan sebagian peragaan 
4.    Kurang lancar    :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan spertiga pragaan
5. Tidak lancar        :   Apabila peserta didik tidak dapat mempraktikan semua pragaan


















G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.





Mengetahui,
Kepala SD………….



_________________________
NIP. ......................................
……………….., …………………………
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti



_________________________
NIP. ........................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN