RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURTILAS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Sikap
Rendah Hati
Alokasi Waktu :
1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1
|
2.8 Memiliki sikap
rendah hati sebagai implementasidari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37
|
|
|
2
|
4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
|
4.8.1 Mendemonstrasikan cara menyapa
dan mengucapkan salam
4.8.2 Memperaktikan menghargai orang
lain
4.8.3 Menampilkan peragaan tidak
memamerkan kekayaan
4.8.4 Mendemontrasikan suka menolong
4.8.5 Memperktikan tidak
membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
4.8.6 Menampilkan sikap tenang dan
sederhana
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Deskripsi Materi
Pembelajaran
Sikap rendah hati dalam kehidupan
sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1. Menyapa dan mengucapkan salam
terlebih dulu jika bertemu dengan orang lain.
2. Menghargai orang lain dan tidak
suka menghina.
3. Tidak memamerkan kepintaran atau
kekayaan harta.
4. Suka menolong dan memberi kepada
orang lain.
5. Tidak membeda-bedakan atau pilih
kasih dalam berteman.
6. Bersikap
tenang dan sederhana.
E. Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran
dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
a.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran
sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
b.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
c.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
d. Mengadakan pretes.
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a.
Mengamati
·
Menyimak peragaan sikap rendah hati
·
Memperhatikan tayangan sikap rendah hati
b.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan tentang sikap rendah hati
c.
Mengumpulkan Informasi
·
Memperagakan sikap rendah hati secara indifidu dan kelompok
d.
Mengasosiasi
·
Membuat ringkasan peragaan tentang sikap rendah hati
·
Menghubungkan pragaan sikap rendah hati dengan kehidupan sehari-hari
e.
Mengomunikasikan
·
Memprsentasikan pragaan sikap rendah hati secara klompok
·
Menanggapi hasil prsentasi sikap rendah hati hasil klompok lain
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok;
d. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 menit
|
F.
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Diri
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Keyakinan bahwa sikap
rendah hati banyak keuntungannya
|
Nomor 1
|
|
2
|
Keyakinan bahwa sikap
rendah hati sangat penting dalam kehidupan sehari-hari
|
Nomor 2
|
|
3
|
Kesadaran dalam diri
bahwa sikap sombong itu, merupakan prilaku yang tercela
|
Nomor 3
|
|
4
|
Menyakini sikap rendah
hati termasuk sikap terpuji
|
Nomor 4
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
Risela
IV/2
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian Diri
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
|||||||
|
1
|
Aku yakin bahwa tolong menolong itu tidak
merugikan
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Bagi Ani hidup sederhana
itu sangat menguntungkan
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Sikap sombong tidak termasuk sikap yang harus
kita miliki
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Menyakini sikap rendah
hati termasuk sikap terpuji
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------x100 = …
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
||||||||||
2.
Sikap Sosial
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi :
|
No
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
cara menyapa dan mengucapkan salam
|
Nomor 1
|
|
|
menghargai orang lain
|
Nomor 2
|
|
|
tidak memamerkan kekayaan
|
Nomor 3
|
|
|
suka menolong
|
Nomor 4
|
|
|
tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam
berteman
|
Nomor 5
|
|
|
sikap tenang dan sederhana
|
Nomor 6
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
…………………………..
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman
|
||||||||
|
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk
tiap-tiap peserta didik
|
||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
|||||||
|
1
|
Memperlihatkan cara menyapa dan mengucapkan
salam
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Memperlihatkan menghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Memperlihatkan tidak memamerkan kekayaan
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Memperlihatkan suka menolong
|
|
|
|
|
|
||||
|
5
|
Memperlihatkan tidak membeda-bedakan atau
pilih kasi dalam berteman
|
|
|
|
|
|
||||
|
6
|
Memperlihatkan sikap tenang dan sederhana
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
M
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
--------------------- x100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
M
= Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
||||||||||
3.
Keterampilan
a. Jenis Penilaian :
Tes
b. Teknik Penilaian :
Kinerja
c. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian kinerja
d. Kisi-kisi :
|
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendemonstrasikan cara menyapa dan
mengucapkan salam
|
Nomor 1
|
|
2
|
Memperaktikan menghargai orang lain
|
Nomor 2
|
|
3
|
Menampilkan peragaan tidak
memamerkan kekayaan
|
Nomor 3
|
|
4
|
Mendemontrasikan suka menolong
|
Nomor 4
|
|
5
|
Memperktikan tidak membeda-bedakan
atau pilih kasi dalam berteman
|
Nomor 5
|
|
6
|
Menampilkan sikap tenang dan sederhana
|
Nomor 6
|
e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan
|
Kelas / Semester
|
:
|
IV/2
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
4.8.1 Mendemonstrasikan cara menyapa
dan mengucapkan salam
4.8.2 Memperaktikan menghargai orang
lain
4.8.3 Menampilkan peragaan tidak
memamerkan kekayaan
4.8.4 Mendemontrasikan suka menolong
4.8.5 Memperktikan tidak
membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman
4.8.6 Menampilkan sikap tenang dan sederhana
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
||||||||||
|
1
|
Mendemonstrasikan cara menyapa dan
mengucapkan salam
|
|
Demonstrasikan cara
menyapa dan mengucapkan salam!
|
||||||||||
|
2
|
Memperaktikan menghargai orang lain
|
|
Peraktikan menghargai orang lain!
|
||||||||||
|
3
|
Menampilkan peragaan tidak
memamerkan kekayaan
|
|
Tampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan !
|
||||||||||
|
4
|
Mendemontrasikan suka menolong
|
|
Demontrasikan suka menolong!
|
||||||||||
|
5
|
Memperktikan tidak membeda-bedakan
atau pilih kasi dalam berteman
|
|
Perktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam
berteman!
|
||||||||||
|
6
|
Menampilkan sikap tenang dan sederhana
|
|
Tampilkan sikap tenang dan sederhana!
|
||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||||
|
1
|
Mendemonstrasikan cara menyapa dan
mengucapkan salam
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
2
|
Memperaktikan menghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
3
|
Menampilkan peragaan tidak
memamerkan kekayaan
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
4
|
Mendemontrasikan suka menolong
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
5
|
Memperktikan tidak membeda-bedakan
atau pilih kasi dalam berteman
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
6
|
Menampilkan sikap tenang dan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ x 100
= --
Skor maksimal
|
|
|
|||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat mempraktikan
dengan sempurna
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat mempraktikan dengan baik
3. Sedang : Apabila
peserta didik dapat mempraktikan sebagian peragaan
4. Kurang lancar : Apabila
peserta didik dapat mempraktikan spertiga pragaan
5. Tidak
lancar : Apabila peserta didik tidak dapat mempraktikan semua pragaan
|
|||||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala SD………….
_________________________
NIP. ......................................
|
……………….., …………………………
Guru Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
_________________________
NIP.
........................................
|
Komentar
Posting Komentar