RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :   Iman Kepada Malaikat Allah Swt.
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran
Alokasi Waktu                    :   2 x 4 Jam Pelajaran                (2 pertemuan
A.    Kompetensi Inti
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
    

B.       Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.5.   Meyakini keberadaan    malaikat-malaikat Allah SWT

2
2.4.   Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.

3
3.2.   Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar
3.2.1.      Menyebutkan Nama – nama Malaikat Allah swt
3.2.2.      Menjelaskan tugas – tugas Malaikat Allah swt
3.2.3.      Menjelaskan sifat – sifat malaikat Allah
4
4.2.   Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
4.2.1.      Mendemonstrasikan perilaku malaikat dalam kehidupan sehari – hari
4.2.2.      Melatih perilaku malaikat dalam kehidupan sehari – hari


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi

D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
1.      Nama – nama malaikat
2.      Tugas – tugas malaikat
3.      Sifat – sifat  malaikat
Berikut ini adalah nama, tugas dan sifat malaikat Allah swt :
No
Nama – nama Malaikat Allah swt
Tugas – tugas malaikat Allah swt
Sifat – sifat malaikat Allah swt
1
Malaikat Jibril
Menyampaikan wahyu.
1.    Selalu bertasbih siang dan malam tidak pernah berhenti.
2.    Suci dari sifat-sifat manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda, berdebat, dan lainnya.
3.    Selalu takut dan taat kepada Allah.
4.    Tidak pernah maksiat dan selalu mengamalkan apa saja yang diperintahkan-Nya.
5.    Mempunyai sifat malu.
6.    Bisa terganggu dengan bau tidak sedap, anjing dan patung.
7.    Tidak makan dan minum.
8.    Mampu mengubah wujudnya.
9.    Memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya.
2
Malaikat Mikail
Menyampaikan rezeki.
3
Malaikat Raqib
Mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.
4
Malaikat ‘Atid
Bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan buruk manusia
5
Malaikat Ridwan
Menjaga pintu surga
6
Malaikat Malik
Menjaga pintu neraka
7
Malaikat Izrail
mencabut nyawa
8
Malaikat Munkar
Memberikan pertanyaan di alam kubur
9
Malaikat Nakir
Memberikan pertanyaan di alam kubur
10
Malaikat Isrofil
Meniup sangkakala jika hari kiamat telah tiba



Kls I SD, Kemdikbud Jakarta, 2013, Hal. 13-14, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.uku Belajar Hu
ruf Hijaiyy
E.       Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Guru membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khusyu’;
b.     Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.     Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
e.    Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif  berkaitan dengan materi Pembelajaran iman kepada malaikat Allah;
f.     Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
g.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi dan mengomunikasikan serta menyimpulkan

20 menit
2.
Mengamati
·      Menyimak penjelasan  tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah secara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau individual
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
Mengumpulkan Informasi
·      Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahbaik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
Mengasosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahsecara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
  100 menit
3.
Penutup
a.       Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b.      Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
d.      Membaca hamdallah sebagai akhir dari pembelajaran

20 menit




F.       Penilaian
1.   Sikap Spiritual
                   a.              Jenis Penilaian   : Non tes
                  b.              Teknik Penilaian   : Observasi
                   c.              Bentuk Instrumen            : Lembar Observasi
                  d.              Kisi-kisi             :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen

Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
Terlampir

Meyakini setiap perbuatan manusia selalu diawasi oleh malaikat
Terlampir

Meyakini setiap perbuatan manusia selalu di catat oleh malaikat
Terlampir
Instrumen: Terlampir

2.    Sikap Sosial
                                           a.         Jenis Penilaian        : Non Tes
                                          b.         Teknik Penilaian     : Penilaian Antar Teman
                                           c.         Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian
                                          d.         Kisi-kisi                              :                                  
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Kerjasama
Terlampir
  1.  
Kekompakkan
Terlampir
  1.  
Tanggungjawab bersama
Terlampir
  1.  
Inisiatif
Terlampir
  1.  
Disiplin
Terlampir
Instrumen: Terlampir

3.    Pengetahuan
                            a.      Jenis Penilaian     : Tes
                           b.     Teknik Penilaian   : Tes tulisan
                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian
                           d.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen



Menyebutkan nama – nama malaikat Allah swt
1.        Tuliskan 3 ( tiga ) nama malaikat yang kamu ketahui!

Menjelaskan tugas – tugas malaikat Allah swt
2.        Menyampaikan wahyu merupakan tugas malaikat....

Menjelaskan sifat – sifat malaikat Allah swt
3.        Tuliskan 2 ( dua ) sifat malaikat Allah swt!

Instrumen: Terlampir

4.    Tugas
·      Mengisi rubrik tugas kelompok tentang………………………………………..
 Instrumen: Terlampir

5.    Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam……………………………………..

LAMPIRAN-LAMPIRAN:

Lampiran 1     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
.............................................
…………………………….

Teknik Penilaian
:
Penilaian Diri

Penilai
:
Guru

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju

1



Meyakini bahwa malaikat merupakan salah satu makhluk yang diciptakan oleh Allah swt





2
Meyakini bahwa setiap perbuatan manusia akan di awasi oleh malaikat Allah swt











3


Meyakini bahwa setiap perbuatan yang dilakukan oleh manusia akan dicatat oleh malaikat Allah swt





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  = ...                                        
Skor maksimal


CATATAN: 
..............................................................................................................................................














Lampiran 2     : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
…………………………..

Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman .

Petunjuk:
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik


NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
M
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok





2
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.





3
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.





4
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.





5
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
M
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------- X  100  =  ...                         
Skor maksimal


CATATAN: 
M    =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).















G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.



Mengetahui,
Kepala SD……………………….


...............................................
NIP. ......................................
…………………….,……………………..

Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti


……………………………….
NIP. ........................................















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN