RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Iman Kepada Malaikat Allah Swt.
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
Alokasi Waktu : 2 x
4 Jam Pelajaran (2
pertemuan
A.
Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.
Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
1.5. Meyakini
keberadaan malaikat-malaikat Allah
SWT
|
|
|
2
|
2.4. Memiliki
sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang
tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
|
|
|
3
|
3.2. Mengerti
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar
|
3.2.1. Menyebutkan Nama – nama Malaikat Allah swt
3.2.2. Menjelaskan tugas – tugas Malaikat Allah swt
3.2.3. Menjelaskan sifat – sifat malaikat Allah
|
|
4
|
4.2. Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah
|
4.2.1. Mendemonstrasikan perilaku malaikat dalam kehidupan
sehari – hari
4.2.2. Melatih perilaku malaikat dalam kehidupan sehari – hari
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D.
Deskripsi Materi Pembelajaran
1.
Nama – nama malaikat
2.
Tugas – tugas malaikat
3.
Sifat – sifat malaikat
Berikut ini adalah nama, tugas dan sifat malaikat Allah swt :
|
No
|
Nama – nama Malaikat Allah swt
|
Tugas – tugas malaikat Allah swt
|
Sifat – sifat malaikat Allah swt
|
|
1
|
Malaikat Jibril
|
Menyampaikan wahyu.
|
1. Selalu bertasbih siang
dan malam tidak pernah berhenti.
2. Suci dari sifat-sifat
manusia dan jin, seperti hawa nafsu, lapar, sakit, makan, tidur, bercanda,
berdebat, dan lainnya.
3. Selalu takut dan taat
kepada Allah.
4. Tidak pernah maksiat
dan selalu mengamalkan apa saja yang
diperintahkan-Nya.
5. Mempunyai sifat malu.
6. Bisa terganggu dengan
bau tidak sedap, anjing dan patung.
7. Tidak makan dan minum.
8. Mampu mengubah wujudnya.
9. Memiliki kekuatan dan
kecepatan cahaya.
|
|
2
|
Malaikat Mikail
|
Menyampaikan rezeki.
|
|
|
3
|
Malaikat Raqib
|
Mengawasi dan mencatat amal perbuatan baik manusia.
|
|
|
4
|
Malaikat ‘Atid
|
Bertugas mengawasi dan mencatat amal perbuatan buruk
manusia
|
|
|
5
|
Malaikat Ridwan
|
Menjaga pintu
surga
|
|
|
6
|
Malaikat Malik
|
Menjaga pintu
neraka
|
|
|
7
|
Malaikat Izrail
|
mencabut nyawa
|
|
|
8
|
Malaikat Munkar
|
Memberikan pertanyaan di alam kubur
|
|
|
9
|
Malaikat Nakir
|
Memberikan pertanyaan di alam kubur
|
|
|
10
|
Malaikat
Isrofil
|
Meniup sangkakala jika hari kiamat telah tiba
|
Kls I SD, Kemdikbud Jakarta, 2013, Hal.
13-14, Penulis Achmad Hasim dan Otong Jaelani.uku Belajar Hu
ruf Hijaiyy
E.
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru membuka
pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khusyu’;
b.
Guru Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan
benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan
sebelumnya);
c.
Guru mengecek
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Guru menyapa
peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
e.
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif
berkaitan dengan materi Pembelajaran iman kepada malaikat Allah;
f.
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
g.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi dan
mengomunikasikan serta menyimpulkan
|
20 menit
|
|
2.
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah secara
klasikal atau individual
· Mengamati gambar diri dan
alam sekitar baik secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
· Mengajukan pertanyaan,
misalnya apakah makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah
Mengumpulkan Informasi
·
Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahbaik
secara klasikal maupun kelompok.
· Mengidentifikasi tentang
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
Mengasosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah
· Menghubungkan kegiatan
tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allah dengan kehidupan sehari-hari
Mengomunikasikan
· Menyampaikan hasil diskusi
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi
tentang makna iman kepada malaikat-malaikat
Allahsecara individual atau
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu
dan dibimbing guru
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
d.
Membaca hamdallah sebagai akhir
dari pembelajaran
|
20 menit
|
F.
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Jenis Penilaian : Non tes
b.
Teknik Penilaian : Observasi
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT
|
Terlampir
|
|
|
Meyakini setiap perbuatan manusia
selalu diawasi oleh malaikat
|
Terlampir
|
|
|
Meyakini setiap perbuatan manusia
selalu di catat oleh malaikat
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
2.
Sikap
Sosial
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen: Terlampir
3.
Pengetahuan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian :
Tes tulisan
c. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
|
Menyebutkan nama – nama malaikat
Allah swt
|
1.
Tuliskan 3 ( tiga ) nama
malaikat yang kamu ketahui!
|
|
|
Menjelaskan tugas – tugas malaikat
Allah swt
|
2.
Menyampaikan wahyu merupakan
tugas malaikat....
|
|
|
Menjelaskan sifat – sifat malaikat
Allah swt
|
3.
Tuliskan 2 ( dua ) sifat
malaikat Allah swt!
|
Instrumen: Terlampir
4.
Tugas
· Mengisi rubrik tugas kelompok tentang………………………………………..
Instrumen: Terlampir
5.
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan
dalam……………………………………..
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Spiritual)
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
.............................................
…………………………….
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian
Diri
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
||||||||
|
1
|
Meyakini bahwa malaikat merupakan salah satu makhluk yang
diciptakan oleh Allah swt
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Meyakini bahwa setiap perbuatan
manusia akan di awasi oleh malaikat Allah swt
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Meyakini bahwa setiap perbuatan yang dilakukan oleh
manusia akan dicatat oleh malaikat Allah swt
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
…………………………..
|
|||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian untuk
tiap-tiap peserta didik
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan adanya kekompakkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan adanya tanggungjawab bersama dalam
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
M
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
M
= Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum
Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku
yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala SD……………………….
...............................................
NIP. ......................................
|
…………………….,……………………..
Guru Mata Pelajaran PAI dan
Budi Pekerti
……………………………….
NIP.
........................................
|
Komentar
Posting Komentar