RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :    Sikap Rendah Hati
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran


A.      Kompetensi Inti              :
KI-1 
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.       Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
2.8  Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37

(Tidak ada indikator) yang ada indikator hanya di KI1 dan KI2
2
4.8      Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37

4.8.1        Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain).
4.8.2        Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman, dan  Bersikap tenang dan sederhana)



C.      Indikator Pencapaian Kompetensi


D.      Deskripsi Materi Pembelajaran
Sikap Rendah Hati
Agama Islam melarang umatnya untuk menghina orang yang lebih
miskin darinya. Orang kaya tidak boleh memamerkan kekayaannnya
di hadapan orang miskin. Orang yang pintar tidak boleh menghina
orang yang tidak bisa. Allah tidak menyukai orang yang sombong. Oleh
karena itu, kita harus memiliki sikap rendah hati karena sikap rendah
hati merupakan sifat terpuji dan disukai oleh Allah.
Contoh sikap rendah hati dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1.      Menyapa dan mengucapkan salam terlebih dulu jika bertemu dengan orang 
lain.
2. Menghargai orang lain dan tidak suka menghina.
3. Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
4. Suka menolong dan memberi kepada orang lain.
5. Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman.
6. Bersikap tenang dan sederhana.


2          Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
a.       Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.     Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (surat Al kautsar, An Nashr, dan Al ‘ Asr);
c.     Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.    Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Sikap Rendah Hati;
e.     Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendemonstrasikan tiga  sikap Rendah Hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain) dengan benar.
f.      Menyampaikan cakupan materi tentang sikap Rendah Hati ;
g.     Mengadakan Pretest
h.     Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu  berupa Poster / Gambar.


20 menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati

·      Mencermati gambar tentang sikap rendah hati.
·      Memperhatikan peragaan  bermain peran tentang sikap rendah hati.

b.   Menanya
·      Mengajukan pertanyaan tentang peragaan sikap rendah hati.

c.    Mengumpulkan Informasi

-          Memerankan contoh-contoh sikap rendah hati baik secara individual, berpasangan, dan kelompok.

d.   Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi peragaan sikap rendah hati yang sudah terbiasa dilakukan dan yang paling sukar dilakukan.
·      Menghubungkan sikap rendah hati dengan kehidupan sehari-hari.

e.    Mengomunikasikan
-           Masing-masing kelompok  menyampaikan hasil demonstrasi dan praktik tentang sikap rendah hati.
·              -       Peserta didik yang lain baik secara individual aupun kelompok
·                      menanggapi  hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi,
·                      menyanggah)

  100 menit
3.
Penutup
a.    Menyimpulkan dengan bimbingan guru
b.   Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi peserta didik yang belum memiliki sikap rendah hati dengan  baik;
d. Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
e. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa

20 menit


3          Penilaian
1.   Sikap Spiritual
                   a.              Jenis Penilaian                  : Non Tes
                  b.              Teknik Penilaian               : Penilaian Diri
                   c.              Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian Diri
                  d.              Kisi-kisi                            :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1
Keyakinan sikap rendah hati sebagai akhlak terpuji
Nomor 1
2
Keyakinan bahwa sikap rendah hati sangat penting dalam kehidupan sehari-hari
Nomor 2


Nomor 3

             e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:
.............................................
…………………………….
Teknik Penilaian
:
Penilaian Diri
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
1
Kita harus meyakini bahwa sikap rendah hati merupakan sikap terpuji





2
Kita harus meyakini bahwa sikap rendah hati  sangat penting dalam kehidupan sehari-hari












JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
Skor Maksimal        x 100 = ..



CATATAN: 
……………………………………………………………………………………………….













2.    Sikap Sosial
                      a.                                                                                    Jenis Penilaian     : Non Tes
                     b.                                                                                    Teknik Penilaian  : Penilaian Antar Teman
                      c.                                                                                    Bentuk Instrumen            : Lembar Penilaian
                     d.                                                                                    Kisi-kisi               :                                  
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Menyapa dan Mengucapkan salam
Nomor 1
  1.  
Menghargai orang lain
Nomor 2
  1.  
Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
Nomor 3
  1.  
Suka menolong dan memberi kepada orang lain.
Nomor 4
  1.  
Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman
Nomor 5
  1.  
Bersikap tenang dan sederhana.
Nomor 6

e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
…………………………..
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman
Petunjuk:
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
M
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan kegiatan Menyapa dan Mengucapkan salam





2
Memperlihatkan kegiatan Menghargai orang lain





3
Memperlihatkan kegiatan Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.





4
Memperlihatkan kegiatan Suka menolong dan memberi kepada orang lain.





5
Memperlihatkan kegiatan Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman





6
Memperlihatkan kegiatan Bersikap tenang dan sederhana.





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
M
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
--------------------- x100 =  ...                                    
Skor maksimal


CATATAN: 
M    =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).














3.    Pengetahuan
                         a.         Jenis Penilaian     : Tes
                           b.     Teknik Penilaian   : Tes Lisan
                            c.     Bentuk Instrumen            : Lembar penilaian tes lisan
                           d.     Kisi-kisi                :
No.
Indikator
Butir Instrumen




Nomor……….




Nomor……….




Nomor……….




Nomor……….

                                   e.  Instrumen Penilaian Aspek Pengetahuan

Kelas / Semester
:

Kompetensi Dasar
:





Indikator
:




Teknik Penilaian
:
Tes Lisan
Penilai
:
Guru
No.
Indikator

Instrumen


























RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar

































JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ x 100  = ..   
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar     :    Apabila peserta didik dapat ………………………………
2.    Lancar               :   Apabila peserta didik dapat ………………………………
3.    Sedang              :    Apabila peserta didik dapat ………………………………
4.    Kurang lancar    :    Apabila peserta didik dapat………………………………
5.    Tidak lancar      :    Apabila peserta didik dapat………………………………















4.    Keterampilan
a.                                           Jenis Penilaian : Non Tes
b.                                          Teknik Penilaian          : Kinerja
c.                                           Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian kinerja
d.                                          Kisi-kisi                       :
No
Indikator
Butir Instrumen
1








Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain).
Nomor 1- 3

2


Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman, dan  Bersikap tenang dan sederhana)

Nomor 4- 6


             e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan

Kelas / Semester
:
IV / II
Kompetensi Dasar
:
-          Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
-          Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
Indikator


:
4.81. Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan
         mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka
         menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau
         kekayaan harta kepada orang lain).
4.8.2 Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka
         menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan
         atau pilih kasih dalam berteman, dan  Bersikap tenang dan
        sederhana)
Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
No.
Indikator

Instrumen
1.




Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain).

Demonstrasikan olehmu :
1.      Menyapa dan salam
2.      Menghargai orang lain
3.      Tidak suka menghina dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain
2




Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman, dan  Bersikap tenang dan sederhana)


Praktikan  olehmu :
1.      Sikap menolong dan memberi kepada orang lain
2.      Sikap tidak membedakan atau pilih kasih dalam berteman
3.      Sikap tenang dan sederhana





RUBRIK PENILAIAN
No.
Kompetensi
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar

1
Mendemonstrasikan menyapa dan salam






2
Mendemonstrasikan sikap menghargai orang lain






3
Mendemonstrasikan sikap tidak suka menghina dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain






4
Mempraktikan sikap suka menolong dan memberi kepada orang lain






5
Mempraktikan sikap tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman






6
Mempraktikan   sikap tenang dan sederhana






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ x  100%  =                                            
24


Catatan kriteria:
1.     Sangat lancar     :   Apabila peserta didik dapat mempraktikan sikap rendah hati dengan baik
2.    Lancar               :   Apabila peserta didik dapat mendemonstarsikan sikap rendah hati dengan baik
3.    Sedang              :    Apabila peserta didik dapat menjelaskan arti sikap rendah hati
4.    Kurang lancar    :    Apabila peserta didik dapat menyebutkan orang yang memiliki sikap rendah hati
5. Tidak lancar        :   Apabila peserta didik tidak dapat menjawab pertanyaan tentang orang yang memiliki sikap 
                                            rendah hati














5.    Tugas
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang………………………………………..
·                          Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
No
Uraian
Sudah
Belum
















·  Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu,………………………………………………..

6.    Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam…………………………………….

Kelas / Semester
:
……………………………………
Kompetensi Dasar
:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Indikator
:















Teknik Penilaian
:
Portofolio
Penilai
:
Guru dan Orang tua
No.
Kegiatan
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar

































JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ X  100  =   --    
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.    Sangat lancar     : Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
2.    Lancar               : Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
3.    Sedang              : Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
4.    Kurang lancar    : Apabila peserta didik dapat……………………………………………
5. Tidak lancar       : Apabila peserta didik dapat……………………………………………
Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................

Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................














G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.



Mengetahui,
Kepala SD........................................






...............................................
NIP. ......................................
..........................., ......................................

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti






.................................................
NIP. ........................................


           















Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN