RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Sikap Rendah Hati
Alokasi Waktu :
1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti :
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1
|
2.8 Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
|
(Tidak ada indikator) yang ada
indikator hanya di KI1 dan KI2
|
|
2
|
4.8 Mencontohkan sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37
|
4.8.1
Mendemontrasikan 3
contoh sikap rendah hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang
lain, tidak suka menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan
harta kepada orang lain).
4.8.2
Mempraktikan 3
contoh sikap rendah hati yang lain (Suka
menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih
dalam berteman, dan Bersikap tenang
dan sederhana)
|
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Deskripsi Materi
Pembelajaran
Sikap Rendah Hati
Agama Islam melarang umatnya untuk
menghina orang yang lebih
miskin darinya. Orang kaya tidak
boleh memamerkan kekayaannnya
di hadapan orang miskin. Orang yang
pintar tidak boleh menghina
orang yang tidak bisa. Allah tidak
menyukai orang yang sombong. Oleh
karena itu, kita harus memiliki
sikap rendah hati karena sikap rendah
hati merupakan sifat terpuji dan
disukai oleh Allah.
Contoh sikap rendah hati dalam
kehidupan sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1.
Menyapa
dan mengucapkan salam terlebih dulu jika bertemu dengan orang
lain.
2. Menghargai orang lain dan tidak
suka menghina.
3. Tidak memamerkan kepintaran atau
kekayaan harta.
4. Suka menolong dan memberi kepada
orang lain.
5. Tidak membeda-bedakan atau pilih
kasih dalam berteman.
6. Bersikap tenang dan sederhana.
2
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran
dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (surat Al kautsar, An
Nashr, dan Al ‘ Asr);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi Sikap Rendah
Hati;
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat
mendemonstrasikan tiga sikap Rendah
Hati (menyapa dan mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka
menghina, dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada
orang lain) dengan benar.
f.
Menyampaikan
cakupan materi tentang sikap Rendah Hati ;
g.
Mengadakan Pretest
h.
Mempersiapkan
media/alat peraga/alat bantu berupa
Poster / Gambar.
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Mencermati
gambar tentang sikap rendah hati.
·
Memperhatikan peragaan bermain
peran tentang sikap rendah hati.
b.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan tentang peragaan sikap rendah hati.
c.
Mengumpulkan Informasi
-
Memerankan contoh-contoh sikap rendah hati baik
secara individual, berpasangan, dan kelompok.
d.
Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi peragaan sikap rendah hati yang sudah terbiasa
dilakukan dan yang paling sukar dilakukan.
·
Menghubungkan sikap rendah hati dengan kehidupan sehari-hari.
e.
Mengomunikasikan
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil demonstrasi dan praktik
tentang sikap rendah hati.
·
- Peserta didik yang lain baik secara
individual aupun kelompok
·
menanggapi hasil presentasi
(melengkapi, mengkonfirmasi,
·
menyanggah)
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Menyimpulkan dengan
bimbingan guru
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok bagi peserta didik yang belum memiliki sikap rendah hati dengan baik;
d. Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
e. menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa
|
20 menit
|
3
Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Diri
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian Diri
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Keyakinan sikap rendah
hati sebagai akhlak terpuji
|
Nomor 1
|
|
2
|
Keyakinan bahwa sikap
rendah hati sangat penting dalam kehidupan sehari-hari
|
Nomor 2
|
|
|
|
Nomor 3
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
.............................................
…………………………….
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian Diri
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
|||||||
|
1
|
Kita harus meyakini bahwa sikap rendah hati
merupakan sikap terpuji
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Kita harus meyakini bahwa sikap rendah
hati sangat penting dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
Skor Maksimal x 100 = ..
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
……………………………………………………………………………………………….
|
||||||||||
2.
Sikap Sosial
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi :
|
No
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Menyapa dan Mengucapkan
salam
|
Nomor 1
|
|
|
Menghargai orang lain
|
Nomor 2
|
|
|
Tidak memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
|
Nomor 3
|
|
|
Suka menolong dan memberi kepada orang lain.
|
Nomor 4
|
|
|
Tidak
membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman
|
Nomor 5
|
|
|
Bersikap
tenang dan sederhana.
|
Nomor 6
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
…………………………..
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman
|
||||||||
|
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok
dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok
berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap
penilaian untuk tiap-tiap peserta didik
|
||||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
|||||||
|
1
|
Memperlihatkan kegiatan Menyapa dan
Mengucapkan salam
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Memperlihatkan kegiatan Menghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Memperlihatkan kegiatan Tidak
memamerkan kepintaran atau kekayaan harta.
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Memperlihatkan kegiatan Suka
menolong dan memberi kepada orang lain.
|
|
|
|
|
|
||||
|
5
|
Memperlihatkan kegiatan Tidak membeda-bedakan atau pilih kasih dalam
berteman
|
|
|
|
|
|
||||
|
6
|
Memperlihatkan kegiatan Bersikap tenang dan sederhana.
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
M
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
---------------------
x100 = ...
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
M
= Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
BT = Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator).
|
||||||||||
3.
Pengetahuan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b. Teknik Penilaian :
Tes Lisan
c. Bentuk Instrumen :
Lembar penilaian tes lisan
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
|
|
Nomor……….
|
|
|
|
Nomor……….
|
|
|
|
Nomor……….
|
|
|
|
Nomor……….
|
e. Instrumen Penilaian Aspek Pengetahuan
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Tes
Lisan
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
x 100 = ..
Skor maksimal
|
|
|
|||||||||
|
Catatan
kriteria:
1.
Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat ………………………………
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat ………………………………
3.
Sedang : Apabila
peserta didik dapat ………………………………
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat………………………………
5.
Tidak lancar : Apabila
peserta didik dapat………………………………
|
|||||||||||||
4.
Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan
mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka
memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain).
|
Nomor 1- 3
|
|
2
|
Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka menolong dan memberi kepada orang, Tidak
membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman, dan Bersikap tenang dan sederhana)
|
Nomor 4- 6
|
e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan
|
Kelas / Semester
|
:
|
IV / II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
-
Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al
-Isra (17): 37
-
Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Isra ayat 37
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
4.81. Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan
mengucapkan
salam, menghargai orang lain, tidak suka
menghina, dan
tidak suka memamerkan kepintaran atau
kekayaan harta
kepada orang lain).
4.8.2 Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka
menolong dan memberi kepada orang, Tidak membeda-bedakan
atau
pilih kasih dalam berteman, dan
Bersikap tenang dan
sederhana)
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
||||||||||
|
1.
|
Mendemontrasikan 3 contoh sikap rendah hati (menyapa dan
mengucapkan salam, menghargai orang lain, tidak suka menghina, dan tidak suka
memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain).
|
|
Demonstrasikan olehmu :
1.
Menyapa dan salam
2.
Menghargai orang
lain
3.
Tidak suka
menghina dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada
orang lain
|
||||||||||
|
2
|
Mempraktikan 3 contoh sikap rendah hati yang lain (Suka menolong dan memberi kepada orang, Tidak
membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman, dan Bersikap tenang dan sederhana)
|
|
Praktikan olehmu :
1.
Sikap menolong dan
memberi kepada orang lain
2.
Sikap tidak
membedakan atau pilih kasih dalam berteman
3.
Sikap tenang dan
sederhana
|
||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||||
|
1
|
Mendemonstrasikan menyapa dan salam
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
2
|
Mendemonstrasikan sikap menghargai orang lain
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
3
|
Mendemonstrasikan sikap tidak suka menghina
dan tidak suka memamerkan kepintaran atau kekayaan harta kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
4
|
Mempraktikan sikap suka menolong dan memberi
kepada orang lain
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
5
|
Mempraktikan sikap tidak
membeda-bedakan atau pilih kasih dalam berteman
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
6
|
Mempraktikan sikap tenang dan sederhana
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
x 100%
=
24
|
|
|
|||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat mempraktikan
sikap rendah hati dengan baik
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat mendemonstarsikan
sikap rendah hati dengan baik
3. Sedang : Apabila
peserta didik dapat menjelaskan arti sikap rendah hati
4. Kurang lancar : Apabila
peserta didik dapat menyebutkan orang yang memiliki sikap rendah hati
5. Tidak lancar : Apabila
peserta didik tidak dapat menjawab pertanyaan tentang orang yang memiliki
sikap
rendah hati
|
|||||||||||||
5.
Tugas
Mengisi rubrik tugas kelompok
tentang………………………………………..
·
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di kolom sudah atau belum
|
No
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Tugas kelompok: Bersama tujuh orang temanmu,………………………………………………..
6.
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kegiatan
dalam…………………………………….
|
Kelas / Semester
|
:
|
……………………………………
|
||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= --
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
2. Lancar :
Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
3. Sedang :
Apabila peserta didik dapat ……………………………………………
4. Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat……………………………………………
5.
Tidak lancar : Apabila peserta
didik dapat……………………………………………
|
||||||||||
|
Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
|
||||||||||
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal
Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala
SD........................................
...............................................
NIP. ......................................
|
...........................,
......................................
Guru Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
.................................................
NIP.
........................................
|
Komentar
Posting Komentar