RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                :    SD…………………………………………
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    IV/2
Materi Pembelajaran        :   Salat
Alokasi Waktu                    :   1 x 4 Jam Pelajaran


A. Kompetensi Inti
KI-1  
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2 
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.Kompetensi Dasar
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
1.2Menunaikan salat secara tertib sebagai penghambaan diri kepada Allah Swt.


2
1.4Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat 


3.5 Memahami makna bacaan salat
3.5.1Memahami arti salat
3.5.2Memahami arti bacaan salat
3.5.3memahami perilaku yang mencerminkan       pemahaman ibadah salat
3.5.4Menghindari perbuatan tercela

B.       Indikator Pencapaian Kompetensi


C.      Deskripsi Materi Pembelajaran

Implementasi salat dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1.Makna bacaan salat
- salat adalah amal ibadah dengan menghadap kepada Allah secara langsung
   -dengan memahami arti bacaan salat kita akan menjadi khusyu
2. Perilaku yang mencerminkan pemahaman ibadah salat
   - Kebajikan terhadap sesama:
     a.melatih kekompakan
     b.mematuhi perintah ketua kelompok
     c.tidak marah bila dinasehati
     d.suka mengirimkan salam dan mendoakan teman
     e.menepati janji
     f.memupuk rasa solidaritas
 - Menghindari perilaku tercela:
     a.suka mengungkit ungkit pemberian
     b.suka meremehkan teman
     c.ingin menang sendiri
     d.suka mencuri
     e.suka meminta minta
     f.suka berbohong
     g.suka mengganggu teman


G.Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.    Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.    Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.   Mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
e.    Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.     Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
g.    Mengadakan pretes.


20 menit
2.
Kegiatan Inti:
a.      Mengamati
·         Menyimak pelaksanaan praktek salat
·         Memperhatikan gambar tuntunan salat

b.      Menanya
·         Mengajukan pertanyaan tentang salat

c.       Mengumpulkan Informasi
Mempraktekkan salat secara kelompok
d.      Mengasosiasi
·         Membuat ringkasan tentang praktek salat
·         Menghubungkan pelaksanaan ibadah salat dengan perilaku kehidupan sehari-hari

e.       Mengomunikasikan
·         Memprsentasikan praktek salat secara kelompok
·         Menanggapi hasil prsentasi praktek salat hasil klompok lain


  100 menit
3.
Penutup
a.       Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.      Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau  tanggapan peserta didik dari kegiatan  yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.       Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.    Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


20    enit

H.Penilaian
1.         Sikap Spiritual
                                  a.    Jenis Penilaian                : Non Tes
                                 b.    Teknik Penilaian            : Penilaian Diri
                                  c.    Bentuk Instrumen          : Lembar Penilaian Diri
                                 d.    Kisi-kisi                          :
No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1

Keyakinan bahwa salat  itu memiliki banyak keutamaan

Nomor 1
  2

Keyakinan bahwa salat itu sangat bermakna dalam kehidupan sehari hari

Nomor 2

3


Kesadaran dalam diri salat men cerminkan  perilaku   terpuji dalam kehidupan sehari-hari
Nomor 3
4

Menyakini salat itu termasuk sikap terpuji

Nomor 4









             e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual

Nama Siswa
Kelas / Semester
:
:

IV/2
Teknik Penilaian
:
Penilaian Diri
Penilai
:
Guru
NO
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju


1


Aku yakin bahwa salat itu tidak merugikan







2

Bagi saya salat itu itu sangat menguntungkan








3


Salat itu wajib di laksanakan






4

Menyakini sikap rendah hati termasuk sikap terpuji






JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------------x100  = … 
Skor maksimal


CATATAN: 
..............................................................................................................................................













2.    Sikap Sosial
                   a.                     Jenis Penilaian  : Non Tes
                  b.                     Teknik Penilaian           : Penilaian Antar Teman
                   c.                     Bentuk Instrumen         : Lembar Penilaian
                  d.                     Kisi-kisi                        :                                  
No
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
 Meyakini salat itu memiliki keutamaan
Nomor 1
  1.  
Salat itu bermakna dalam kehidupan
Nomor 2
  1.  
 Salat itu mencerminkan perilaku terpuji
Nomor 3
  1.  
Rajin salat
Nomor 4
  1.  
Mencontohkan makna ibadah salat
Nomor 5
  1.  
Pengalaman salat di rumah dan di masjid
Nomor 6


e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial

Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
:
:
..........................................
…………………………..
Teknik Penilaian
:
Penilaian antar teman
Petunjuk:
a.      Dibuat kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b.     Tiap-tiap kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.     Membuat  rekap penilaian untuk tiap-tiap peserta didik

NO.
PERNYATAAN
PILIHAN JAWABAN
SKOR
M
MB
MT
BT
1
Memperlihatkan keutamaan salat





2
Memperlihatkan ibadah salat





3
Memperlihatkan perilaku  terpuji





4
Memperlihatkan suka salat





5
Memperlihatkan contoh makna ibadah salat





6
Memperlihatkan pengalaman salat di rumah  dan  masjid





JUMLAH SKOR





KETERANGAN
NILAI
NILAI AKHIR
M
MB
MT
BT
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
--------------------- x100 =  ...                                     
Skor maksimal


CATATAN: 
M    =  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang  dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
MB =  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT =  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
BT  =  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).






















Kelas / Semester
:
IV/2
1.4Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat 
3.5Memahami makna bacaan salat
:
1.2Menunaikan salat secara tertib sebagai penghambaan diri kepada Allah Swt.

Indikator
:
 1.4.1Menunjukkan perilaku yang mencerminkan pemahaman ibadah salat

3.5.1Menceritakan pengalaman salat di rumah dan masjid
Teknik Penilaian
:
Kinerja
Penilai
:
Guru
No.
Indikator

Instrumen

1


Mendemonstrasikan cara praktek salat

Demonstrasikan cara menyapa dan mengucapkan salam!
2


Memperaktikan salat


Peraktikan menghargai orang lain!

3

Menampilkan praktek salat


Tampilkan peragaan tidak memamerkan kekayaan !
4
Mendemontrasikan suka salat

Demontrasikan suka menolong!
5
Memperktikan contoh contoh makna ibadah salat

Perktikan tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman!
6
Menampilkan pengalaman salat di rumah dan masjid

Tampilkan sikap tenang dan sederhana!
RUBRIK PENILAIAN
No.
Indikator
Kriteria
Skor
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar

1


Mendemonstrasikan cara praktek salat






2


Memperaktikan makna ibadah salat







3

Menampilkan perilaku yang mencerminkan ibadah salat







4
Mendemontrasikan suka salat






5
Memperktikan contoh contoh makna ibadah salat






6
Menampilkan pengalaman salat di rumah dan masjid






JUMLAH SKOR






KETERANGAN
NILAI

NILAI AKHIR
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
Skor yang diperoleh
------------------ x  100  =   --
Skor maksimal


Catatan kriteria:
1.  Sangat lancar     :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan dengan sempurna
2.    Lancar               :   Apabila peserta didik dapat  mempraktikan dengan baik
3.    Sedang              :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan sebagian peragaan 
4.    Kurang lancar    :    Apabila peserta didik dapat mempraktikan spertiga pragaan
5. Tidak lancar        :   Apabila peserta didik tidak dapat mempraktikan semua pragaan


















3.    Keterampilan
a.                                           Jenis Penilaian : Tes
b.                                          Teknik Penilaian          : Kinerja
c.                                           Bentuk Instrumen       : Lembar penilaian kinerja
d.                                          Kisi-kisi                       :
No
Indikator
Butir Instrumen

1


Mendemonstrasikan cara salat
Nomor 1
2


Memperaktikan makna salat

Nomor 2
3

Menampilkan perilaku terpuji
Nomor 3
4
Mendemontrasikan suka salat
Nomor 4
5
Memperktikan contoh-contoh  makna ibadah salat
Nomor 5
6
Menampilkan pengalaman salat di rumah dan masjid
Nomor 6

             e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan


G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat                  : Tulisan doa sebelum dan sesudah belajar
2.      Bahan                          : Kertas dan spidol
3.      Sumber Belajar            : Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
                                     Faesal Ghozaly, dkk., Kementerian Pendidikan
                                     dan Kebudayaan, Jakarta, 2014.

Mengetahui,
Kepala SD…………………….




_______________________
NIP. ......................................
………………………………..
Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti




_________________________
NIP. ........................................










Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP KELAS 5 SEMETER 2 KURIKULUM 2013 aL-QUR'AN

RPP KELAS 5 IKHLAS

RPP KELAS 5/ II KISAH TELADAN