RPP LANJUTAN KELAS 4 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD…………………………………………
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pembelajaran : Salat
Alokasi Waktu :
1 x 4 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
|
KI-1
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
|
KI-2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya
|
|
KI-3
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
|
KI-4
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
B.Kompetensi Dasar
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
|
1
|
1.2Menunaikan
salat secara tertib sebagai penghambaan diri kepada Allah Swt.
|
|
|
2
|
1.4Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
|
|
|
|
3.5
Memahami makna bacaan salat
|
3.5.1Memahami arti salat
3.5.2Memahami arti bacaan salat
3.5.3memahami perilaku yang mencerminkan pemahaman ibadah salat
3.5.4Menghindari perbuatan tercela
|
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
C. Deskripsi Materi
Pembelajaran
Implementasi salat dalam kehidupan
sehari-hari adalah sebagai
berikut.
1.Makna bacaan salat
- salat adalah amal ibadah dengan
menghadap kepada Allah secara langsung
-dengan memahami arti bacaan salat kita akan menjadi khusyu
2. Perilaku yang mencerminkan
pemahaman ibadah salat
- Kebajikan terhadap sesama:
a.melatih kekompakan
b.mematuhi perintah ketua kelompok
c.tidak marah bila dinasehati
d.suka mengirimkan salam dan mendoakan teman
e.menepati janji
f.memupuk rasa solidaritas
- Menghindari perilaku tercela:
a.suka mengungkit ungkit pemberian
b.suka meremehkan teman
c.ingin menang sendiri
d.suka mencuri
e.suka meminta minta
f.suka berbohong
g.suka mengganggu teman
G.Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka
pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama
dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai
pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat sesuai dengan
program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan pelajaran
sebelumnya yang telah dibahas (appersepsi);
e.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dijalani;
g. Mengadakan pretes.
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a.
Mengamati
·
Menyimak pelaksanaan praktek salat
·
Memperhatikan gambar tuntunan salat
b.
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan tentang salat
c.
Mengumpulkan Informasi
Mempraktekkan salat secara kelompok
d.
Mengasosiasi
·
Membuat ringkasan tentang praktek salat
·
Menghubungkan pelaksanaan ibadah salat dengan perilaku kehidupan sehari-hari
e.
Mengomunikasikan
·
Memprsentasikan praktek salat secara kelompok
·
Menanggapi hasil prsentasi praktek salat hasil klompok lain
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan
masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun
kelompok;
d. Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
20 enit
|
H.Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a. Jenis Penilaian :
Non Tes
b. Teknik Penilaian :
Penilaian Diri
c. Bentuk Instrumen :
Lembar Penilaian Diri
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Keyakinan bahwa
salat itu memiliki banyak keutamaan
|
Nomor 1
|
|
2
|
Keyakinan bahwa salat itu
sangat bermakna dalam kehidupan sehari hari
|
Nomor 2
|
|
3
|
Kesadaran dalam diri
salat men cerminkan perilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari
|
Nomor 3
|
|
4
|
Menyakini salat itu
termasuk sikap terpuji
|
Nomor 4
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
|
Nama Siswa
Kelas / Semester
|
:
:
|
IV/2
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian Diri
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
||||||||
|
NO
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak Setuju
|
|||||||
|
1
|
Aku yakin bahwa salat itu tidak merugikan
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Bagi saya salat itu itu
sangat menguntungkan
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Salat itu wajib di laksanakan
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Menyakini sikap rendah
hati termasuk sikap terpuji
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------------x100 = …
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
||||||||||
2.
Sikap Sosial
a.
Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi :
|
No
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Meyakini salat itu memiliki keutamaan
|
Nomor 1
|
|
|
Salat itu bermakna dalam
kehidupan
|
Nomor 2
|
|
|
Salat itu mencerminkan perilaku terpuji
|
Nomor 3
|
|
|
Rajin salat
|
Nomor 4
|
|
|
Mencontohkan
makna ibadah salat
|
Nomor 5
|
|
|
Pengalaman
salat di rumah dan di masjid
|
Nomor 6
|
e. Instrumen Penilaian Sikap Sosial
|
Nama Siswa yang dinilai
Kelas / Semester
|
:
:
|
..........................................
…………………………..
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Penilaian antar teman
|
||||||||
|
Petunjuk:
a.
Dibuat kelompok dengan anggota
masing-masing 5 – 10 orang
b.
Tiap-tiap kelompok berdiskusi
untuk menilai setiap anggota kelompok lain
c.
Membuat rekap penilaian
untuk tiap-tiap peserta didik
|
||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
|||||||
|
M
|
MB
|
MT
|
BT
|
|||||||
|
1
|
Memperlihatkan keutamaan salat
|
|
|
|
|
|
||||
|
2
|
Memperlihatkan ibadah salat
|
|
|
|
|
|
||||
|
3
|
Memperlihatkan perilaku terpuji
|
|
|
|
|
|
||||
|
4
|
Memperlihatkan suka salat
|
|
|
|
|
|
||||
|
5
|
Memperlihatkan contoh makna ibadah salat
|
|
|
|
|
|
||||
|
6
|
Memperlihatkan pengalaman salat di rumah dan
masjid
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
|
M
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
--------------------- x100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
||||||
|
CATATAN:
M
= Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten).
MB =
Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MT =
Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah
mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
||||||||||
|
Kelas / Semester
|
:
|
IV/2
|
|||||||||||
|
1.4Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
3.5Memahami
makna bacaan salat
|
:
|
1.2Menunaikan salat secara tertib sebagai
penghambaan diri kepada Allah Swt.
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
1.4.1Menunjukkan perilaku yang mencerminkan
pemahaman ibadah salat
3.5.1Menceritakan
pengalaman salat di rumah dan masjid
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
Kinerja
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
||||||||||
|
1
|
Mendemonstrasikan
cara praktek salat
|
|
Demonstrasikan cara
menyapa dan mengucapkan salam!
|
||||||||||
|
2
|
Memperaktikan
salat
|
|
Peraktikan
menghargai orang lain!
|
||||||||||
|
3
|
Menampilkan praktek salat
|
|
Tampilkan
peragaan tidak memamerkan kekayaan !
|
||||||||||
|
4
|
Mendemontrasikan suka salat
|
|
Demontrasikan
suka menolong!
|
||||||||||
|
5
|
Memperktikan contoh contoh makna ibadah salat
|
|
Perktikan
tidak membeda-bedakan atau pilih kasi dalam berteman!
|
||||||||||
|
6
|
Menampilkan
pengalaman salat
di rumah dan masjid
|
|
Tampilkan
sikap tenang dan sederhana!
|
||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
|||||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang Lancar
|
Tidak Lancar
|
|||||||||
|
1
|
Mendemonstrasikan
cara praktek salat
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
2
|
Memperaktikan
makna ibadah salat
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
3
|
Menampilkan
perilaku yang
mencerminkan ibadah salat
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
4
|
Mendemontrasikan
suka salat
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
5
|
Memperktikan contoh contoh makna ibadah salat
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
6
|
Menampilkan
pengalaman salat
di rumah dan masjid
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI AKHIR
|
||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
Tidak Lancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------ x 100
= --
Skor maksimal
|
|
|
|||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat mempraktikan
dengan sempurna
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat mempraktikan dengan baik
3. Sedang : Apabila
peserta didik dapat mempraktikan sebagian peragaan
4. Kurang lancar : Apabila
peserta didik dapat mempraktikan spertiga pragaan
5. Tidak
lancar : Apabila peserta didik tidak dapat mempraktikan semua pragaan
|
|||||||||||||
3.
Keterampilan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Kinerja
c.
Bentuk Instrumen : Lembar penilaian kinerja
d.
Kisi-kisi :
|
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1
|
Mendemonstrasikan cara salat
|
Nomor 1
|
|
2
|
Memperaktikan makna salat
|
Nomor 2
|
|
3
|
Menampilkan perilaku terpuji
|
Nomor 3
|
|
4
|
Mendemontrasikan suka salat
|
Nomor 4
|
|
5
|
Memperktikan contoh-contoh makna ibadah salat
|
Nomor 5
|
|
6
|
Menampilkan pengalaman salat di rumah dan masjid
|
Nomor 6
|
e. Instrumen Penilaian Aspek Keterampilan
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat : Tulisan doa sebelum dan sesudah
belajar
2.
Bahan :
Kertas dan spidol
3.
Sumber Belajar :
Buku PAI dan Budi Pekerti SD/MI Kls II, Penulis:
Faesal Ghozaly,
dkk., Kementerian Pendidikan
dan
Kebudayaan, Jakarta, 2014.
|
Mengetahui,
Kepala SD…………………….
_______________________
NIP. ......................................
|
………………………………..
Guru Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
_________________________
NIP.
........................................
|
Komentar
Posting Komentar