RPP LANJUTAN KELAS 5 SEMESTER 2 KURIKULUM 2013 MAKNA DAN CONTOH
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/2
Materi : Surah Al-Ma’un (Makna dan Contoh)
Alokasi Waktu : 1 x 4 JAM
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3. Memahami pengetahuan faktual
dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
2.3. Memiliki sikap suka menolong sebagai implemntasi
dari pemahaman QS al Maun
|
|
|
2
|
3.3. Mengetahui makn QS al Maun dengan benar.
|
3.3.1. Menyebutkan arti QS al Maun
3.3.2 Menjelaskan isi kandungan QS al Maun.
|
|
3
|
4.5. Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman QS al Maun.
|
4.5.1. Mendemonstrasikan prilaku suka menolong sebagai implementasi
dari pemahaman QS alMaun.
4.5.2. Mengamalkan prilaku suka menolong dalam kehidupan sehari-hari.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui metode demonstrasi
dan tanya jawab, peserta didik dapat
1. Menyebutkan arti QS al Maun
dengan baik dan benar.
2. Menjelaskan isi kandungan QS
al Maun.dengan baik dan benar
:
D. Materi Pembelajaran
a.
Surat Al Ma’un dan
artinya
بسم الله الرحمن
الرحيم
ارءيت الذي يكذب بالدين ( 1 )
فدلك الذي يدع اليتيم ( ) ولا
يخض على طعام المسكين ( ) فويل للمصلين ( )
الذين هم عن صلا تهم ساهون ( )
الذين هم يرأءون ( ) ويمنعون الماعون Artinya :
Tahukah kamu orang yang mendustakan agama ? (1) Yaitu orang yang
menghardik anak yatim (2 ) . Dan tidak memberi makan orang miskin ( 3 ). Maka
celakalah bagi orang yang sholat ( 4 ).
Yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya ( 5 ). Orang-orang yang berbuat
ria ( 6 ). Dan orang yang enggan memberkan bantuan ( 7 ).
b.
Isi kandungan Surat Al-Ma’un.
Surat Al Ma’un adalah surat yang diturunkan di Mekkah, dan termasuk
golongan surat Makkiyah . yang terdiri dari 7 ayat. Al Ma’un artinya :
“Barang-barang yang berguna”.
Surat Al Ma’un berisi tentang beberapa sifat orang yang mendustakan
agama dan ancaman terhadap orang yang melalaikan sholat, dan ingin di puji oleh orang lain ( riya ). Surat ini
menganjurkan agar kita mempunyai sifat yang dermawan dengan memberikan sebagian
rejeki yang kita miliki kepada anak yatim dan faqir miskin.
Secara garis besar isi kandungan surat al Maun menjelaskan tentang ;
- Surat alMaun bagian dari alquran yang penting untuk dibaca dan di hafal.
- Allah SWT melarang menghardik anak yatim .
- Menganjurkan agar memperhatikan dan memberi makan orang miskin.
- Larangan melalaikan sholat.
- Larangan berbuat ria ( pamer ).
E. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Tulisan
QS al Maun
2. Alat : kertas karton
3. Sumber Pembelajaran: Buku PAI dan Budi Pekerti kelas V
dan Zuz Amma
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a. Membuka pembelajaran dengan
salam dan berdo’a bersama
b.Memulai
pembelajaran dengan tadarus Al Quran
c.
Mengecek kesiapan belajar
d. Mengajukan pertanyaan secara komunitif
berkaitan dengan makna yang terkadung dalam surat Al Maun
e. Menyampaikan kompetensi dasar yang akan
dicapai
f. Meyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1. Menyimak penjelasan guru
2. Memperhatikan makna dan isi kandungan
surat al Maun dalam buku PAI kls V.
3.Mencermati makna dan isi kandungan surat
al Maun
b.
Menanya
Menanyakan tentang
makna dan isi kandungan surat al Maun.
c. Mengeksperimen
1.Guru menyebutkan makna dan isi kandungan surat al Maun.
2. Guru menyuruh siswa untuk menyebutkan makna dan isi kandungan surat al Maun.
3. Secara acak guru menunjuk peserta didik untuk
menyebutkan salah satu makna dan isi kandungan surat al
Maun.
4.Guru membagi peserta didik menjadi beberapa
kelompok
5. Siswa menuliskan tentang makna dan isi kandungan surat al Maun. dalam Lembar Kerja Siswa
secara berkelompok
6.
Guru menunjuk salah satu wakil dari tiap kelompok untuk menyebutkan makna dan
isi kandungan surat al Maun.
d. Mengasosiasi
1. Membuat rumusan hasil diskusi kelompok
tentang makna dan isi kandungan surat al Maun.
2.Mengidentifikasi beberapa makna dan isi kandungan surat al Maun.
e. Mengkomunikasikan
a.Menyampaikan hasil diskusi tentang makna dan isi kandungan surat al Maun.
b.Menanggapi pertanyaan-pertanyaan siswa tentang makna dan isi kandungan surat al Maun.
|
100 menit
|
|
3.
|
Penutup
a.Membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
b.Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan
mangajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah
dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya
c.Melaksanakan
kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas individu
d.Menyampaikan
rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
20 menit
|
H. Penilaian
Sikap
spiritual (observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Penilaian diri
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Memiliki
sikap suka menolong dalam kehidupan sehari-hari.
|
Terlampir
|
|
2.
|
Mengetahui
makna / arti QS al Maun
|
Terlampir
|
|
3.
|
Bisa
mendemonstrasikan prilaku suka menolong dalam QS al Maun.
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
Sikap sosial (observasi)
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b.
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
c.
Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
d.
Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Terlampir
|
|
|
Kekompakkan
|
Terlampir
|
|
|
Tanggungjawab bersama
|
Terlampir
|
|
|
Inisiatif
|
Terlampir
|
|
|
Disiplin
|
Terlampir
|
Instrumen:
Terlampir
Pengetahuan
a.
Jenis Penilaian :
Tes
b.
Teknik Penilaian : Tes Lisan
c.
Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian tes lisan
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
Menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di
dalam surat Al Maun.
|
Sebutkan salah satu pesan yang terkandung di dalam surat Al Maun.
|
|
2.
|
Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung di
dalam surat Al Maun.
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan saling
tolong menolong
|
|
3.
|
Menghafal pesan-pesan yang terkandung di dalam surat Al Maun.
|
Ungkapkan empat hal pesan-pesan yang
terkandung di dalam surat Al Maun.
|
Instrumen:
Terlampir
LAMPIRAN-LAMPIRAN:
Lampiran 1 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap
Spiritual)
|
Nama
Siswa
Kelas /
Semester
|
:
:
|
..........................................
V / II
|
|||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri.
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN
JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
|
1
|
Allah
SWT melarang menghardik anak yatim
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Menganjurkan
agar memperhatikan faqir miskin.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak Setuju
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas /
Semester
|
:
:
|
..........................................
I/
Ganjil
|
|||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / II
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
3.3. Mengetahui makn QS al Maun dengan benar.
|
|||||||||||
|
|
:
|
|
4.5. Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai
implementasi dari pemahaman QS al Maun.
|
|||||||||||
|
Indikator
|
|
|
4.5.1. Mendemonstrasikan prilaku suka menolong sebagai implementasi
dari pemahaman QS alMaun.
4.5.2. Mengamalkan prilaku suka menolong dalam ke kehidupan
sehari-hari.
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
tuli
|
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di
dalam surat Al Maun
|
|
Sebutkan salah satu pesan yang terkandung di dalam surat Al Maun
|
|||||||||||
|
2.
|
Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung di
dalam surat Al Maun
|
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan saling
tolong menolong
|
|||||||||||
|
3.
|
Menghafal pesan-pesan yang
terkandung di dalam surat Al Maun
|
|
Ungkapkan empat hal pesan-pesan yang
terkandung di dalam surat Al Maun
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di
dalam surat Al Maun
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
2.
|
Menjelaskan pesan-pesan yang terkandung di dalam
surat Al Fatihah
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
3.
|
Menghafal pesan-pesan yang
terkandung di dalam surat Al Maun Al Maun
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
lancar.
2. Lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
kesalahan satu
dalam menyebutkan empat hal yang membatalkan
wudu
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dua saja dengan
benar
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat menjawab
semua pertanyaan
|
||||||||||||||
Komentar
Posting Komentar