RPP LANJUTAN KLS 5 / 2 KURIKULUM 2013 ROSUL ALLOH 2
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD………………………….
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : V/2
Materi Pokok : Rasul
Allah dan Rasul ulul ‘Azmi
Alokasi Waktu : 1 x 4 Jam Pelajaran
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
|
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
|
1
|
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul ‘Azmi
|
3.1.1
Menyebutkan sikap terpuji para rasul
3.1.2. Menyebutkan sikap terpuji para rasul
ulul ‘Azmi
3.1.3 Meneladani rasul Allah dan rasul ulul
Azmi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui tanya jawab, peserta
didik mampu:
1. Menyebutkan sikap terpuji para rasul
2. Menyebutkan sikap terpuji para rasul ulul
‘Azmi
3.
Meneladani rasul Allah dan rasul ulul Azmi
D. Materi Pembelajaran
Sikap Terpuji
Para Rasul dan Rasul Ulul ‘Azmi
Terpuji (ma¥mūdah) artinya sikap yang baik
sesuai aturan agama Islam. Misalnya jujur (al-Am±nah), pemaaf (al-‘Afwu),
tekun (al-Khusū’), malu kalau diri tercela (al-Hayā-u), bersih (an-Na§±fah),
pemurah (as-Sakha-u), sabar (a£-¤abru) dan seterusnya.
Sikap
terpuji para rasul itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu sikap terpuji kepada
Allah Swt. sebagai pencipta alam semesta, dan sikap terpuji kepada sesama
manusia dan alam sekitar.
Kita
telah mengetahui bahwa para Rasul itu memiliki sifat wajib, yaitu sifat siddiq
artinya benar, sifat amanah artinya dapat dipercaya, sifat tablig artinya
menyampaikan, dan sifat fathanah artinya pandai dan cerdas. Selain itu, ada
sifat dan sikap yang mereka pegang teguh yaitu menyembah hanya kepada Allah
Swt., Tuhan Yang maha Esa, taat dan patuh kepada Allah Swt.
Para
Nabi dan Rasul itu terpelihara dari segala macam dosa, baik dosa kecil apalagi
dosa besar. Tetapi sebagai manusia biasa tidak bebas dari sifat khilaf seperti
yang dilakukan oleh Nabi Ādam a.s. yaitu mendekati pohon larangan Allah
akibat godaan setan.
Perhatikan
Q.S. al-Ahz±b/33: 7 berikut.
|
Artinya
|
Q.S.
al-Ahzab/53: 7
|
|
Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil
perjanjian dari para nabi dan dari engkau (Muhammad), dari Nuh, Ibrahim, Musa
dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang
teguh
|
|
E. Metode Pembelajaran
1.
Tanya jawab
2. Diskusi
F. Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1. Media : Tulisan
nama-nama rasul
2.. Sumber Pembelajaran:
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Untuk SD/MI Kls V, Buchori Ismail, dkk. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013.
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
|
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah
seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar (nama surat
sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian,
posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran;
d.
Mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi
nama-nama rasul allah dan rasul ulul ‘azmi
e.
Menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan
dicapai;
f.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dipelajari
g.
Mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
visual
|
20 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul ulul ‘Azmi
·
Meneladani
sifat rasul Allah dan rasul ulul Azmi
Menanya
Sikap terpuji para rasul
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan
sikap terpuji para rasul
·
Mendiskusikan
sikap terpuji para rasul ulul Azmi
·
Mendiskusikan
keteladanaan sifat Allah dan rasul ulul ‘Azmi
Asosiasi
Komunikasi
|
100
menit
|
|
3.
|
Penutup
a.
Membuat kesiumpulan dibantu
dan dibimbing guru
b.
Melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
c.
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan
tugas baik cara individu maupun kelompok;
d.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
20 menit
|
H. Penilaian Penilaian
1.
Sikap Spiritual
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Penilaian diri
c. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian diri
d. Kisi-kisi :
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
|
Mencontoh sikap terpuji para rasul Allah
|
Nomor 1
|
|
|
Mencontoh
sifat rasul ulul ‘azmi
|
Nomor 2
|
e. Instrumen
Penilaian
|
Nama
Siswa
Kelas
/ Semester
|
:
:
|
..........................................
I
/ Ganjil
|
|||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
diri
|
|||||||||
|
Penilai
|
:
|
Guru
|
|||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
Sangat Setuju
|
Setuju
|
Ragu-Ragu
|
Tidak
Setuju
|
||||||||
|
1
|
Selalu
menerapkan sikap teguh dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Setiap
saat selalau menerapkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||||||||
|
Sangat
Setuju
Setuju
Ragu-Ragu
Tidak
Setuju
|
=
Skor 4
=
Skor 3
=
Skor 2
=
Skor 1
|
Skor
yang diperoleh
---------------------x100 = ....
Skor
maksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
..............................................................................................................................................
|
|||||||||||
2.
Sikap Sosial
a. Jenis Penilaian : Non Tes
b. Teknik Penilaian : Observasi
c. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
d. Kisi-kisi:
|
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir
Instrumen
|
|
|
Kerjasama
|
Nomor 1
|
|
|
Kekompakkan
|
Nomor 2
|
|
|
Tanggungjawab
bersama
|
Nomor 3
|
|
|
Inisiatif
|
Nomor 4
|
|
|
Disiplin
|
Nomor 5
|
3. Pengetahuan
a.
Jenis Penilaian : Tes
b.
Teknik Penilaian : Tes Lisan
c.
Bentuk Instrumen : Lembar
penilaian tes lisan
d.
Kisi-kisi :
|
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
1.
|
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul
|
Sebutkan sikap terpuji para rasul Allah!
|
|
2.
|
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul ulul ‘Azmi
|
Sebutkan sikap terpuji para rasul ulul ‘Azmi !
|
|
3.
|
·
Meneladani
sifat rasul Allah dan rasul ulul Azmi
|
Sebutkan sifat-sifat rasul-rasul ulul ‘Azmi
!
|
Instrumen:
Terlampir
4. Tugas
Mengisi rubrik tugas kelompok tentang
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul
·
Menyebutkan
sikap terpuji para rasul ulul ‘Azmi
·
Meneladani sifat
rasul Allah dan rasul ulul Azmi
Instrumen: Terlampir
5. Portofolio
·
Membaca kisah-kisah rasul ulul ‘Azmi
LAMPIRAN-LAMPIRAN;
Lampiran 2 : Instrumen Penilaian (Aspek Sikap Sosial)
|
Nama
Siswa yang dinilai
Kelas /
Semester
|
:
:
|
..........................................
V / Genap
|
|||||||||
|
Teknik
Penilaian
|
:
|
Penilaian
antar teman .
|
|||||||||
|
Petunjuk:
a. Dibuat
kelompok dengan anggota masing-masing 5 – 10 orang
b. Tiap-tiap
kelompok berdiskusi untuk menilai setiap anggota kelompok lain
|
|||||||||||
|
NO.
|
PERNYATAAN
|
PILIHAN JAWABAN
|
SKOR
|
||||||||
|
MK
|
MB
|
MT
|
BT
|
||||||||
|
1
|
Memperlihatkan
adanya kerjasama yang baik dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
|||||
|
2
|
Memperlihatkan
adanya kekompokkan antar anggota kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
3
|
Memperlihatkan
adanya tanggungjawab bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
4
|
Memperlihatkan
adanya inisiatif bersama dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
5
|
Memperlihatkan
adanya disiplin dalam kelompok.
|
|
|
|
|
|
|||||
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
|
||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||
|
MK
MB
MT
BT
|
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
-------------------------
X 100
= ...
Skormaksimal
|
|
|
|||||||
|
CATATAN:
MK = Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara
konsisten).
MB = Mulai
Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT = Mulai
Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda
awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator tetapi belum konsisten).
BT
= Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
|
|||||||||||
Lampiran 3 : Instrumen Penilaian (Aspek Pengetahuan)
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
V / Genap
|
|||||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘azmi
|
|||||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
3.4.1
Menyebutkan sikap terpuji para rasul
3.4.2 Menyebutkan
sikap terpuji para rasul ulul
‘Azmi
3.4.3Meneladani
sifat rasul Allah dan rasul ulul Azmi
|
|||||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Lisan, tulis
|
|||||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru
|
|||||||||||
|
No.
|
Indikator
|
|
Instrumen
|
|||||||||||
|
1.
|
Menyebutkan sikap terpuji para rasul
|
|
Sebutkan sikap terpuji para rasul !
|
|||||||||||
|
2.
|
Menyebutkan sikap
terpuji para rasul ulul ‘Azmi
|
|
Sebutkan sikap terpuji para rasul ulul ‘Azmi
!
|
|||||||||||
|
3
|
3Meneladani sifat
rasul Allah dan rasul ulul Azmi
|
|
Sebutkan sifat rasul Allah dan rasul ulul
‘azmi!
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||
|
RUBRIK PENILAIAN
|
||||||||||||||
|
No.
|
Kompetensi
|
Kriteria
|
Skor
|
|||||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
||||||||||
|
1.
|
Mengenal nama-nama rasul Allah dan Rasul
Ulul ‘Azmi
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
|||||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
||||||||||
|
Catatan kriteria:
1. Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan dengan
lancar.
2. Lancar :
Apabila peserta didik dapat menjawab semua pertanyaan, tapi ada
kesalahan satu
dalam menyebutkan
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan dua saja
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat menjawab
pertanyaan hanya satu
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat menjawab
semua pertanyaan
|
||||||||||||||
Lampiran 5 : Instrumen Penilaian Tugas
Tugas Individu :
Beri tanda (V) di
kolom sudah atau belum
|
No.
|
Uraian
|
Sudah
|
Belum
|
|
1.
|
Aku bisa menyebutkan sikap rasul-rasul
Allah
|
|
|
|
2.
|
Aku bisa menyebutkan sikap rasul ulul
‘Azmi
|
|
|
|
3.
|
Aku bisa menyebutkan sifat rasul Allah dan
Rasul ulul ‘Azmi
|
|
|
Lampiran 6 : Instrumen Penilaian Portofolio
|
Kelas / Semester
|
:
|
|
I / Gasal
|
||||||||
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
|
3.4 Mengenal nama-nama rasul Allah dan rasul ulul ‘Azmi
|
||||||||
|
Indikator
|
:
|
|
3.4.1 Menyebutkan sikap rasul Allah
3.4.2 Menyebutkan sikap
rasul ulul ‘Azmi
3.4.3 Menyebutkan sifat rasul Allah dan rasul ‘Azmi
|
||||||||
|
Teknik Penilaian
|
:
|
|
Portofolio
|
||||||||
|
Penilai
|
:
|
|
Guru dan Orang tua
|
||||||||
|
No.
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
Skor
|
||||||||
|
Sangat
Lancar
|
Lancar
|
Sedang
|
Kurang
Lancar
|
Tidak
Lancar
|
|||||||
|
1.
|
Menyebutkan sikap rasul Allah
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
2.
|
Menyebutkan sikap rasul ulul
‘Azmi
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
3.
|
Menyebutkan sifat rasul Allah dan rasul ‘Azmi
|
|
|
|
|
|
|
||||
|
JUMLAH
SKOR
|
|
|
|
|
|
|
|||||
|
KETERANGAN
|
NILAI
|
|
NILAI
AKHIR
|
||||||||
|
Sangat Lancar
Lancar
Sedang
Kurang Lancar
TidakLancar
|
= Skor 5
= Skor 4
= Skor 3
= Skor 2
= Skor 1
|
Skor yang diperoleh
------------------
X 100
= ---------
Skor maksimal
|
|
|
|||||||
|
Catatan kriteria:
1.Sangat lancar :
Apabila peserta didik dapat menyebutkan sikap rasul Allah, ulul Azmi
dan sifat rasul Allah dan ulul ‘Azmi
2.Lancar :
Apabila peserta didik dapat menyebutkan sikap rasul Allah, ulul ‘Azmi
dan sifat rasul Allah dan ulul ‘Azmi
3.Sedang : Apabila peserta didik dapat
menyebutkan sikap rasul Allah, ulul ‘Azmi dan sifat rasul Allah dan ulul
‘Azmi
4.Kurang lancar :
Apabila peserta didik dapat menyebutkan sikap rasul Allah, ulul ‘Azmi dan
sifat rasul Allah dan ulul ‘Azmi
5..Tidak lancar :
Apabila peserta didik dapat menyebutkan sikap rasul Allah, ulul ‘Azmi dan
sifat rasul Allah dan ulul ‘Azmi
|
|||||||||||
|
Catatan Orang tua:
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
Catatan Guru
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
|
|||||||||||
Komentar
Posting Komentar